Sukses

Lifestyle

3 Khasiat Sari Bunga Mawar Buat Kesehatan Perempuan

Fimela.com, Jakarta Selama berabad-abad, mawar menjadi salah satu bunga indah yang memiliki manfaat kesehatan. Kelopak bunganya kerap kali digunakan sebagai perawatan kulit para ratu dan raja. Sementara, essential oil yang diekstrak dari bunga berwarna merah ini juga sudah dilakukan sejak lama. 

Awalnya, proses ekstraksi menjadi essential oil dimulai pada abad ke-7. Orang-orang pada waktu itu mengekstrak dari Rosa Damascena atau mawar Damasc. Dilansir dari Byrdie, ternyata Cleopatra juga menggunakan minyak mawar sebagai pengharum tubuh. 

Sejak itu, produk-produk mengandung ekstrak bunga mawar semakin marak. Mulai dari rose water sebagai toner, gel masks, hingga serum wajah. Selain diekstrak menjadi minyak, mawar juga kerap diambil sari madunya. Byrdie menulis, sari madu mawar ini mengandung bahan alami yang sungguh kuat melawan berbagai penyakit, serta memiliki khasiat kesehatan lainnya. Apa saja, ya?

 

4 Manfaat Mengonsumsi Sari Madu Bunga Mawar Damasc

  • Tingkatkan Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Mawar Damasc mampu memberikan proteksi kulit terhadap sinar UV dan polisi. Selain itu, jerawat serta ekzema dan beberapa kondisi kulit lainnya juga mampu diredakan oleh sari madu mawar jenis ini. Selain itu, kandungannya juga mampu melawan penuaan dengan kandungannya yang meliputi vitamin A, B, C, dan E. Sementara itu, kulitmu yang kering juga bsia menjadi kembap namun juga baik digunakan kulit berminyak karena kandungannya yang juga mengontrol jumlah produksi sebum. 

  • Membantu Proses Penurunan Berat Badan

Seperti teh, kelopak bunga mawar kaya akan kandungan pektin, yang merupakan sebuah serat. Pektin ini mampu membantu menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan penyerapan lemak tubuh. Selain itu, pektin ini juga membuatmu merasa kenyang lebih lama. 

  • Cegah Infeksi Saluran Kemih

Mengandung vitamin C yang tinggi, nektar mawar bisa dikonsumsi lewat mulut atau juga dijadikan skincare. Selain kandungan vitamin C yang tinggi, mawar juga mengandung anti bakteri yang mempercepat proses penyembuhan luka dan cedera. Namun yang lebih penting, kandungan anti bakterinya ini bisa membantu memulihkanmu yang memiliki berbagai infeksi termasuk infeksi saluran kemih. 

Simak Video Berikut

#growfearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading