Saat Haid, Kenapa Mudah Merasa Lapar?

Endah Wijayanti03 Okt 2019, 11:45 WIB
mudah lapar

Fimela.com, Jakarta Menjelang haid atau saat sedang haid, nafsu makan kadang tak terkontrol. Rasanya selalu lapar. Baru selesai makan, masih saja ingin makan camilan. Walau sudah makan banyak, rasanya mulut ini selalu ingin mengunyah sesuatu.

Perasaan selalu lapar dan ingin makan sesuatu saat haid bisa dibilang hal yang wajar. Dilansir dari thehealthy.com, perubahan hormon saat haid bisa menjadi penyebabnya. Tubuh kita membutuhkan lebih banyak kalori dari biasanya. Tak heran terkadang perasaan kenyang tak bertahan lama.

 

 

Tubuh Membutuhkan Banyak Energi

Hasrat Makan Junk Food Memuncak, Cegah dengan 4 Cara Ini saat di Mal!
©shutterstock

Shanna Levine, MD, seorang dokter penyakit dalam di New York mengungkapkan karena kondisi tubuh yang sedang membutuhkan banyak energi saat haid, maka perempuan akan merasa lebih gampang lelah dan dehidrasi. Secara fisik, tubuh kita membutuhkan lebih banyak asupan kalori.

Terlebih bila dalam keseharian atau rutinitas kita, kita selalu sibuk dengan banyak hal dan pekerjaan maka nafsu makan bisa makin sulit dikontrol saat sedang haid. Jika tak segera diimbangi dengan olahraga dan pengaturan pola makan yang lebih baik, bisa-bisa berat badan melonjak tanpa kita sadari.

Perbanyak minum air putih dan istirahat yang cukup untuk bantu mengendalikan nafsu makan. Kita juga bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki selama 30 menit untuk memperlancar aliran darah dalam tubuh. Walau terkadang susah untuk mengendalikan nafsu makan saat sedang haid, bukan berarti kita mengabaikan pentingnya menjaga kesehatan dan pola hidup yang seimbang.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓