Selain Ngopi, Ini 4 Tips Mencegah Kantuk selepas Jam Makan Siang

Endah Wijayanti04 Okt 2019, 11:43 WIB
cegah kantuk siang hari

ringkasan

  • Gerakkan Tubuh
  • Pergi ke Taman atau Dapatkan Udara Segar
  • Mengunyah Permen Karet
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Bagi yang kerja kantoran, bekerja selepas jam makan siang bisa menjadi tantangan tersendiri. Lewat tengah hari, biasanya energi tubuh mulai menurun. Bahkan setelah makan siang pun, kita jadi makin mengantuk. Kondisi seperti ini jelas akan memengaruhi produktivitas kita dalam bekerja.

Untuk mencegah kantuk selepas jam makan siang, ada sejumlah cara yang bisa kita coba. Beberapa tips yang cukup efektif bisa kita lakukan agar bisa tetap fokus dan produktif pada siang hari.

1. Gerakkan Tubuh

Dilansir dari thehealthy.com, aktivitas fisik bisa memperlancar aliran darah dan menyalurkan oksigen serta nutrisi ke jaringan otot. Hal ini secara alami bisa bantu meningkatkan energi tubuh. Carl Bazil, MD, PhD, direktur Division of Epilepsy and Sleep di Columbia University merekomendasikan olahraga ringan sebelum rasa kantuk menyerang pada tengah hari. Kita bisa melakukan peregangan otot, naik turun tangga, atau sekadar jalan kaki sejenak. Menggerakkan tubuh bisa jadi salah satu upaya paling mudah untuk mencegah kantuk selepas jam makan siang.

2. Pergi ke Taman atau Dapatkan Udara Segar

Sebuah penelitian dari Rotman Research Institute di Toronto menunjukkan bahwa berada di lingkungan dengan suasana seperti di taman bisa membantu para partisipan mengerjakan ujian daya ingat dan atensi dengan lebih baik. Berada di alam atau tempat terbuka dengan udara segar bisa membuat otak dapat berpikir lebih jernih. Sehingga kita tidak mudah merasa letih serta saat harus kembali bekerja tidak gampang mengantuk.

 

 

3. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah Permen Karet Ternyata Bermanfaat bagi Kesehatan
Ilustrasi.

Sebuah penelitian di St. Lawrence University menemukan bahwa murid yang mengunyah permen karet sebelum ujian bisa berkonsentrasi lebih baik saat mengikuti ujian. Khususnya pada ujian yang menguji memori dan daya ingat. Tapi mengunyah permen karet sebaiknya tidak terlalu lama. Mengunyah permen karet lebih dari 20 menit justru bisa menurukan stimulasi mental.

4. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik bisa bantu cegah kantuk. Mendengarkan musik saat bekerja bisa bantu meningkatkan produktivitas. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Teresa Lesiuk, asisten dosen di University of Miami, 56 partisipan mendengarkan musik di tempat kerja selama tiga minggu. Ketika mereka tak mendengarkan musik, kualitas kerja mereka menurun dan makin lambat untuk menyelesaikan pekerjaan.

Minum air putih yang cukup dan menikmati makan siang yang bernutrisi juga bisa bantu menjaga tubuh tetap bugar seharian. Selain minum kopi, cara-cara di atas juga cukup efektif untuk mencegah kantuk selepas makan siang. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓