Mirip Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Pastel dan Panada

Mimi Rohmitriasih04 Okt 2019, 12:25 WIB
Pastel

Fimela.com, Jakarta Indonesia memiliki beragam makanan tradisional yang enak dan menggugah selera. Dari beberapa makanan tradisional yang ada, beberapa memiliki bentuk mirip dan nyaris sama tapi ternyata sangat berbeda. Seperti halnya makanan tradisional pastel dan panada.

Kedua makanan ini memiliki bentuk yang sangat mirip. Tapi jangan salah, pastel dan panada adalah dua makanan yang berbeda. Rasa keduanya juga beda jauh. Keduanya juga merupakan makanan yang berasal dari daerah berbeda.

Penasaran seperti apa perbedaan pastel dan panada?

Perbedaan Pastel dan Panada

Panada
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/masghulam

Pastel

Melansir dari laman bobo.grid.id, pastel merupakan makanan tradisional yang mudah ditemukan di sekitar kita. Pastel adalah makanan yang sejenis dengan pastry karena terbuat dari tepung terigu. Pastel memiliki bentuk seperti kerang dan di dalamnya ada isiannya berupa potongan sayur dan telur.

Pastel ada dua jenis yakni pastel basah dan pastel kering. Untuk pastel basah biasanya berisi sayuran yang telah ditumis. Sedangkan pastel kering berisi abon. Pastel dimasak dengan cara digoreng hingga bagian kulit luarnya kering dan renyah.

Panada

 

Panada merupakan makanan yang berasal dari Portugis dan terus berkembang di Indonesia khususnya di Manado. Panada memiliki bentuk yang mitip dengan pastel namun makanan ini adalah roti yang bertekstur lebih lembut dan rasa yang lebih gurih manis.

Jika pastel berisi sayuran atau abon, panada berisi ikan, ayam atau daging. Isian panada disebut sebagai panpis dan terbuat dari daging ikan, ayam atau sapi yang dimasak bersama bumbu bawang merah, bawang putih, daun bawang, daun kemangi, santan dan cabai merah serta bumbu rempah lainnya. Rasa panada gurih manis yang begitu menggugah selera.

Itulah perbedaan pastel dan panada. Meski dua makanan ini memiliki bentuk yang sangat mirip bahkan nyaris sama, keduanya adalah makanan yang berbeda. Dari keduanya, mana nih yang paling dirimu suka?

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓