Mengenal Mie Laksa Khas Tangerang dan Sejarahnya

Mimi Rohmitriasih04 Okt 2019, 17:15 WIB
mie laksa

Fimela.com, Jakarta Jika berkunjung ke kota Tangerang, kita akan dengan mudah menemukan mie laksa di sana. Mie laksa merupakan makanan berupa sajian mie yang memiliki cita rasa pas dan khas.

Mie laksa adalah sajian kuliner peranakan budaya Tionghoa dan Melayu yang terus mengalami perkembangan menyesuaikan lidah orang Indonesia. Mie laksa menjadi salah satu kuliner favorit yang digemari oleh hampir semua orang.

 

Mie laksa khas Tangerang terbuat dari mie beras putih yang telah direbus kemudian ditaburi daun seledri, diguyur pakai kuah kuning kental dan pelengkap opor ayam, ayam bakar, telur rebus, tahu atau sayur gulai kentang.

Tak hanya terkenal di Tangerang, mie laksa juga terkenal di beberapa kota lain di Indonesia misalnya Bogor, Jakarta dan sekitarnya. Tentunya dengan ciri khas dan cita rasa yang disesuaikan dengan lidah masyarakat setempat.

Sejarah Mie Laksa Khas Tangerang

mie laksa
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Kiian Oksana

Tidak diketahui kapan pertama kali mie laksa muncul. Tapi yang pasti, makanan ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Sebagai makanan yang terinspirasi makanan Tionghoa dan Melayu, laksa khas Tangerang disesuaikan dengan lidah masyarakat setempat.

Pada tahun 1970, mie laksa mulai dijajakan oleh pedagang dan menjadi makanan favorit. Namun, 20 tahun setelahnya, laksa nyaris tak terdengar lagi di Tangerang. Makanan ini seolah tak dijajakan lagi. Hingga tahun 2000an, mie laksa kembali dijajakan dan menjadi kuliner favorit hingga sekarang.

Kini, mie laksa khas Tangeran bisa ditemukan dengan mudah di kota Tangeran tepatnya di Jalan Muhammad Yamin depan LP Wanita Kota Tangerang. Di tempat ini, kita bisa menemukan banyak pedagang makanan yang khusus menjual mie laksa.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓