Sukses

Lifestyle

Mengenal 3 Hewan Asli New Zealand yang Dilindungi

Fimela.com, Jakarta New Zealand dikenal akan keasrian alam dan kesegaran udaranya. Tidak heran berbagai macam makhluk hidup, termasuk hewan, merasa nyaman berada di New Zealand. Topografi dan iklim khas yang membentuk negara ini menciptakan sebuah habitat sempurna bagi banyak spesies hewan yang sangat unik.

Berdasarkan data dari organisasi Perlindungan Hewan Dunia, New Zealand memimpin dalam hal kesejahteraan hewan dengan nilai A secara keseluruhan. Untuk melestarikan lingkungan demi generasi mendatang, termasuk melindungi hewan dari kepunahan, maka diluncurkanlah Tiaki Promise atau Janji Tiaki, yaitu sebuah komitmen untuk melindungi flora dan fauna, serta habitat asli mereka.

Pengunjung juga didorong untuk memiliki komitmen merawat dan menjaga lingkungan New Zealand. Komitmen ini telah berhasil menciptakan sebuah lingkungan yang aman dan nyaman, sehingga beberapa hewan asli bahkan tidak ragu-ragu untuk menyeberang jalan, atau bahkan menikmati suasana kota, seperti yang terjadi di Wellington ketika dua penguin terlihat berkeliaran di dalam sebuah restoran sushi.

Dalam rangka merayakan Hari Hewan Sedunia pada 4 Oktober, Tourism New Zealand telah membuat daftar tiga hewan asli dan unik yang harus Kamu temui ketika berada di New Zealand, berikut ini. 

1. Burung Kiwi

Burung kecil yang tak bisa terbang bernama Kiwi ini adalah keluarga burung endemik di New Zealand. Tidak seperti burung pada umumnya, mereka memiliki indra penciuman dan perasa serta pendengaran yang sangat kuat. Kerangka burung pada umumnya ringan dan diisi oleh kantung udara agar mereka bisa terbang, namun Kiwi justru memiliki kaki berotot yang beratnya hampir sepertiga dari berat total tubuhnya.

Sebagai hewan nokturnal yang hanya keluar pada malam hari untuk menghindari predator, tidak mudah bertemu Kiwi selain di dalam penangkarannya. Sebagai usaha untuk melestarikan dan melindungi ikon nasional tersebut, New Zealand telah membangun beberapa cagar alam yang tersebar di seluruh penjuru negara. Dengan ini, orang-orang juga masih bisa melihatnya dengan mudah.

Jika Kamu kebetulan berada di Rotorua, Kamu bisa pergi ke Te Puia untuk melihat burung Kiwi. Kamu juga dapat ikut tamasya malam hari bersama pemandu di Zealandia Sanctuary yang berlokasi di Wellington untuk melihat makhluk mungil yang sangat menggemaskan ini.

 

2. Penguin Bermata Kuning dan Penguin Biru Kecil

New Zealand sudah seperti 'pusatnya penguin', karena dari 18 spesies penguin yang ada, tiga belas di antaranya ditemukan di New Zealand. Penguin Bermata Kuning merupakan salah satu spesies penguin paling langka di dunia, sedangkan Penguin Biru Kecil dikenal sebagai spesies penguin terkecil.

Keduanya adalah dua spesies penguin paling terkenal di New Zealand. Meskipun dilindungi, Kamu masih bisa melihat Penguin tersebut dari jarak tertentu di Semenanjung Banks Peninsula dan Pulau Stewart di Pulau Selatan.

Jika Kamu ingin melihat penguin tersebut dari jarak dekat, juga bisa berkunjung ke Penguin Place Guided Tours untuk mempelajari perilaku penguin secara alami melalui sistem parit yang unik dan tempat pengamatan yang tersembunyi.

Selain itu, seperti yang dialami banyak pengunjung lainnya, jangan kaget jika Kamutiba-tiba bertemu Penguin Biru Kecil ketika sedang menikmati makan malam direstoran Sushi sekitar daerah Wellington. Penguin Biru Kecil, memang terkenal karena kegemarannya bepergian. Penguin ini biasanya berangkat melaut pagi-pagi untuk melakukan hobi mereka, yaitu memancing, hingga akhirnya kembali lagi larut malam.

Beberapa wisatawan mengatakan bahwa kadang-kadang mereka melihat penguin tersebut menyeberang jalan untuk pulang pada malam hari di Oamaru dan di Semenanjung Otago. Untuk mendukung perlindungan 600 pasang penguin kecil yang bersarang di sekitar Pulau Matiu Somes di tengah pelabuhan Wellington, warga sekitar Wellington memutuskan untuk menyediakan tempat perlindungan yang disebut proyek Places for Penguins.

 

3. Singa Laut New Zealand

Juga dikenal dengan sebutan Whakahao, Rāpoka, atau Singa Laut Hooker, Singa laut New Zealand adalah salah satu spesies singa laut paling langka di dunia dan hanya dapat ditemukan di New Zealand. Mereka adalah salah satu hewan terbesar di New Zealand, dengan berat mencapai 449 kilogram untuk pejantan dan 168 kilogram untuk betina.

Saat ini mereka sudah terancam punah sehingga dilindungi oleh pemerintah dan beberapa lembaga perlindungan hewan. Wisatawan, masih dapat menemukan Singa Laut New Zealand berkumpul di pantai berpasir di sekitar Pulau Selatan, Auckland, dan Pulau Sub-Antartika Campbell.

Kamu juga bisa bergabung dengan Wildlife Cruise ke Auckland dan Kepulauan Campbell untuk melihat margasatwa dan flora endemik, seperti singa laut, anjing laut, paus, penguin, dan burung raksasa.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading