SplitBill, Fitur Baru yang Bikin Patungan Jadi Lebih Mudah

Karla Farhana06 Okt 2019, 14:00 WIB
[Fimela] Struk Pembelian

Fimela.com, Jakarta Budaya patungan mungkin sudah mendarah daging di kalangan anak muda. Terdorong oleh tren nongkrong bareng dan makan-makan bersama, kadang kamu bingung kalau harus membayar tagihan secara terpisah. Untuk memudahkan pembayaran, satu orang akan membayar seluruh tagihan, baru kemudian jumlahnya dibagi-bagi. 

Patungan mungkin menjadi sangat mudah ketika ada satu teman yang jago hitung-hitungan, bahkan hingga memasukkan persentase tax dan service. Sayangnya, ritual patungan bakal menjadi ribet ketika tidak ada satu pun teman di antaramu yang bisa menghitung dan membagi dengan adil dan baik. 

Hasil survei yang dilakukan Line Indonesia pada Februari 2019 lalu menunjukkan 69% dari 24,443 responden dari seluruh Indonesia setidaknya berkumpul bersama teman-teman satu kali seminggu. Di sisi lain, sebanyak 68% responden menyetujui jika kebiasaan berbagi tagihan sesuai menu pesanan masing-masing adalah kebiasaan yang disukai responden setelah makan bersama.

Responden juga lebih menyukai jika pembayaran ditanggung terlebih dahulu oleh satu orang, namun sering kali responden khawatir terhadap hasil perhitungan tagihan yang dilakukan oleh orang tersebut tidak akurat (akibat perhitungan pajak dan biaya layanan restoran yang beragam). 

Line Indonesia berusaha menjawab kebutuhan milenial yang kerap melakukan patungan hampir setiap saat, dengan meluncurkan Line SplitBill. Fitu hitung dan bagi tagihan ini menggunakan teknologi Optical Character Recognition (OCR) yang bisa memindai dan menghitung tagihan secara otomatis dalam waktu 5 detik. 

Selain mudah dan akurat, Line SplitBill ini menjadi fitur hitung dan bagi tagihan pertama di Indonesia yang memanfaatkan inovasi tersebut. 

Menurut Dale Kim, Managing Director LINE Indonesia, inovasi ini merupakan wujud dari upaya Line Indonesia untuk menghadirkan beragam layanan yang inovatif bagi penggunanya, dan dapat menggunakan aplikasi Line secara lebih maksimal. 

“LINE Indonesia selalu berupaya untuk terus berinovasi dengan menghadirkan beragam layanan yang inovatif bagi para pengguna agar dapat menggunakan aplikasi LINE secara lebih maksimal. Salah satunya melalui peluncuran fitur Line SplitBill yang bisa membantu pengguna untuk menghitung dan membagi tagihan secara akurat dan mudah,” jelas Dale.  

Cara Menggunakannya?

[Fimela] Line SplitBill
Line SplitBill | Line Indonesia

Langkah pertama, tentu saja Sahabat Fimela harus memiliki akun Line. Kemudian, kamu cukup memilih Line SplitBill di Menu Chat di ruang percakapan Line-mu. Selanjutnya, pindai tagihan secara langsung dari kamera atau bisa juga mengambil gambar tagihan dari dalam galeri ponselmu. Teknologi OCR ini akan menghitung dan mendeteksi tagihan secara otomatis dalam waktu 5 detik. 

Kamu juga bisa memilih teman di dalam Line yang ikut berkumpul dan makan bersama (misalnya). Tidak masalah kalau temanmu bukan pengguna Line, karena ada pilihan “Add a friend without LINE” dan menggunakan dummy teman. Selanjutnya, kamu bisa mencocokkan tagihan mana yang menjadi tanggungan masing-masing. 

Prosesnya mudah dan cepat, kan? Kamu tinggal mengecek dan memastikan nominal tagihan yang terdeteksi tepat sebelum akhirnya mengonfirmasi dan mengirimkan tagihan ke teman-temanmu. 

Sdebagai catatan, Line SplitBill tidak cuma kan menghitung harga tertera di dalam tagihan, tetapi juga bisa menghitung pajak serta biaya layanan restoran secara otomatis. Jadi, tidak akan ada yang merugi di sini. Dengan fitur baru ini, patungan menjadi lebih mudah, ya!

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓