Cara Membuat Kulit Dadar Gulung Bertekstur Lembut dan Enak

Mimi Rohmitriasih05 Okt 2019, 11:45 WIB
Dadar Gulung

Fimela.com, Jakarta Dadar gulung menjadi salah satu jajanan tradisional yang memiliki cita rasa manis khas. Dadar gulung juga menjadi jajanan yang sangat disukai karena memiliki aroma wangi yang menggugah selera.

Dari beberapa jajanan tradisional yang ada, dadar gulung menjadi jajanan paling favorit. Ini mengingat cara membuat dadar gulung cukup mudah. Bicara mengenai dadar gulung, kali ini Fimela punya cara untuk membuat kulit dadar gulung bertekstur lembut dan enak.

Bagaimana caranya?

Cara Membuat Kulit Dadar Gulung

Dadar Gulung
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/muhamad mizan bin ngateni

Perhatikan Adonannya

Bahan untuk membuat adonan dadar gulung adalah terigu, air, santan, sejumput garam, telu dan air suji atau pewarna makanan. Campur semua bahan hingga membentuk adonan cukup encer. Saring adonan agar tekstur kulit dadar gulung lebih halus dan lembut. Usahakan agar adonan tidak terlalu encer juga kental. Adonan yang terlalu encer membuat kulit dadar gulung cepat sobek. Sedangkan adonan yang terlalu kental membuat dadar gulung keras.

Tunggu Wajan Hingga Panas

Untuk membuat kulit dadar gulung, gunakan wajan anti lengket atau teflon. Tuang adonan secukupnya ke dalam wajan saat wajan benar-benar telah panas sambil diangkat cukup jauh dari bara api kompor. Ratakan adonan ke seluruh permukaan wajan, masak dengan api kecil hingga matang. Agar adonan tidak lengket, tidak apa jika Sahabat Fimela mengoleskan satu tetes minyak dan meratakannya di seluruh permukaan wajan.

 

Segera Angkat Kulit Dadar Gulung yang Telah Matang

Ketika mendapati kulit dadar gulung matang, segera angkat kulit dadar gulung dari wajan. Tanda kulit dadar gulung sudah matang adalah warnanya jadi lebih pekat. Muncul pori-pori dengan tekstur agar kering dan bisa diangkat dengan mudah dari wajan.

Simpan Kulit Dadar di Wadah Kedap Udara

Jika kulit dadar gulung tidak langsung dipakai, simpan kulit dadar gulung di wadah kedap udara. Saat menyimpannya usahakan agar kulit dadar dingin dulu. Menyimpan kulit dadar cukup di suhu ruangan atau di lemari es bagian luar. Menyimpan kulit dadar gulung di freezer hanya akan merusak teksturnya.

Itulah cara membuat kulit dadar gulung yang lembut dan enak. Semoga tips dapur ini bermanfaat dan selamat mencoba.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓