Alasan Perut Sering Merasa Lapar, Ternyata Tubuh Kekurangan Ini!

Febi Anindya Kirana05 Okt 2019, 19:29 WIB
makan

Fimela.com, Jakarta Perasaan lapar itu wajar dialami setiap orang, apalagi jika belum makan. Namun ada kalanya perut terasa lapar meski sudah makan. Pada akhirnya, orang terjebak dengan kebiasaan ngemil tak sehat yang membuat gemuk untuk menutupi keinginan makan tersebut.

Tapi mengapa ada kalanya perut mudah lapar? Ternyata hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Salah satu alasannya adalah kurang asupan protein. 

Seperti dijelaskan dalam penelitian yang dimuat dalam jurnal NCBI PubMed Central bahwa protein memiliki sifat mengurangi rasa lapar yang dapat membantu kita secara otomatis mengonsumsi lebih sedikit kalori.

 

Mudah Lapar = Kurang Protein

alasan perut selalu lapar
Photo by Gardie Design & Social Media Marketing on Unsplash

Protein di dalam sistem pencernaan akan bekerja meningkatkan produksi hormon yang menandakan perasaan kenyang dan mengurangi kadar hormon yang merangsang rasa lapar.

Dalam sebuah penelitian, orang yang makan cukup protein setiap harinya mengalami penurunan keinginan ngemil di siang dan bahkan malam hari. Berbeda ketika orang terlalu banyak makan karbohidrat dan lemak meskipun dua nutrisi itu juga dibutuhkan tubuh.

Protein bisa ditemukan pada banyak makanan, seperti telur, tahu, tempe, daging, ikan, susu dan lain sebagainya. Jadi, jika kamu merasa mudah lapar di siang hari, bisa jadi alasannya adalah kamu kurang makan protein.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓