6 Pemenang Kompetisi Blibli Big Start Indonesia di IdeaFest 2019

Anisha Saktian Putri06 Okt 2019, 10:00 WIB
Para pemenang kompetisi wirausaha kreatif

Fimela.com, Jakarta Wirausahawan di Indonesia semakin kreatif, dengan berbagai karya yang tak kalah bagusnya dengan prouduk mancanegara. Tentu, perkembangan wirausaha kreatif harus didukung oleh pemerintah hingga swasta.

Sebab para wirausahawan dapat menjadi mesin dari pertumbuhan industri kreatif di Indonesia. Blibli sebagai mal online terkemuka di Indonesia menjadi salah satu pendukung berkembangnya wirahusaha dengan diadakannya 'Blibli.com Big Start Indonesia' (BBSI) Season 4.

Kusumo Martanto, CEO Blibli.com mengatakan, Blibli.com Big Start Indonesia adalah bentuk komitmen dalam mendorong perkembangan wirausahawan kreatif yang menjadi mesin dari pertumbuhan industri kreatif.

Para pemenang BBSI Season 4 mewakili pengusaha kreatif dengan produk paling inovatif yang didukung oleh strategi bisnis tajam. “Dengan demikian, mereka memiliki potensi besar untuk menjadi pemain yang kuat di pasar lokal serta merambah pasar internasional di mana kedua hal ini juga menjadi penilaian penting di BBSI 2019,” ujar Kusomo saat ditemui di IdeaFest 2019, (05/10/19).

 

 

Daftar pemenang

Para pemenang kompetisi wirausaha kreatif
Para pemenang kompetisi wirausaha kreatif

BBSI Season 4 telah melalui berbagai fase hingga akhirnya memilih enam pemenang. Kompetisi yang sudah terlaksana sejak 2016 ini membuka pendaftaran selama Juni- Agustus 2019, di mana sekitar 8.900 pengusaha dari empat kategori yaitu Fashion, Kuliner, Kriya, dan Kesehatan & Kecantikan (KKE) mendaftarkan diri.

BBSI Season 4 mengurasi para pendaftar di bulan September menjadi Top 100, yang kemudian dipilih lagi hingga Top 20. Pemilihan ini dilakukan berdasarkan beberapa kriteria, yaitu sudah menjalani usaha selama minimal satu tahun, memiliki setidaknya dua produk, menampilkan produk inovatif, serta menjalankan strategi bisnis yang berpeluang besar untuk berkembang.

Blibli.com bekerja sama dengan perwakilan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Catalyst Arts Indonesia dan keempat juri dari setiap kategori untuk mencari para pemenang utama. Keempat juri itu adalah Masterchef Indonesia Rinrin Marinka (Kuliner), Founder IKAT Indonesia Didiet Maulana (Fashion), Co-Founder SASC Priscilla Pangemanan (KKE), dan Founder Jakarta Vintage Luthfi Hasan (Kriya).

Enam pemenang tersebut yaitu Winner Editor Choice Award dimenangakan oleh La Dame in Vanilla, brand asal Bali dari kategori kuliner. Lalu Favourite Winner dimenangkan brand Kemayu yang menawarkan wewangian yang dibuat dari carrier oil asli Indonesia.

Kemudian pemenang ke-4 brand asal Bandung Pala Nusantara yang menghasilkan jam tangan kayu. Pemenanga ke 3 jatuh kepada brand Arane yang menggunakan teknik eco-printing dengan Elsana Bekti Nugroho sebagai founder untuk produk ready to wear asal Jogja.

Pemenanga ke-2 ialah Mango Day, brand fruit strip pertama di Indonesia. Dan pememang pertama ialah Cahaya Natural, brand skincare asal Jakarta yang menjadikan bahan-bahan alami sebagai material utama, terutama bahan-bahan yang memang asli Indonesia seperti Minyak Tamanu. Blibli.com memberikan hadiah uang tunai dengan total nilai Rp 1,3 miliar bagi para pemenang.

#Growfearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓