4 Makanan yang Bisa Dikonsumsi untuk Bantu Redakan Stres

Endah Wijayanti07 Okt 2019, 11:15 WIB
makanan untuk redakan stres

Fimela.com, Jakarta Saat kita sedang stres, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol, insulin, dan ghrelin yang dapat memengaruhi rasa lapar dan nafsu makan untuk mengonsumsi makanan yang tak sehat. Jika kondisi stres ini tak segera ditangani, hormon-hormon tersebut akan meningkatkan hormon lain yang disebut leptin yang berfungsi sebagai pemberi sinyal perut kenyang. Apabila kondisi tersebut terus berlanjut dan tak ditangani dengan baik, efeknya bisa menyebabkan obesitas.

Untuk membantu meredakan stres yang melanda, kita bisa mengatasinya dengan memilih makanan yang tepat. Ada jenis makanan tertentu yang bila dikonsumsi dapat bantu redakan stres. Selengkapnya, langsung saja simak infonya di sini.

1. Dark Chocolate (Cokelat Hitam)

Dikutip dari everydayhealth.com, dark chocolate bisa bantu redakan stres dengan dua cara, yaitu melaluia kandungan bahannya dan efek emosionalnya. Menurut sebuah penelitian dari Swiss yang dipublikasikan di Journal of Proteome Research, dark chocolate yang kaya kandungan antioksidan bisa menurunkan hormon-hormon stres pada tubuh. Menikmati cokelat juga bisa memberi kebahagiaan tersendiri karena rasanya yang sangat memanjakan lidah. Perasaan emosional yang hadir dari satu gigitan cokelat pun bisa bantu meredakan stres. Tapi jangan sampai berlebihan dalam mengonsumsinya, ya. Mengonsumsi 20-50 gram dark chocolate sehari sudah cukup.

2. Buah Pisang

Mengonsumsi buah pisang juga bantu redakan stres. Kenapa? Karena pisang mengandung senyawa dopamin yang dapat meningkatkan suasana hati. Selain itu, kandungan kalium dan magnesiumnya juga baik untuk redakan stres. Pada sebuah penelitian awal yang dipublikasikan di Neuropharmacology ditemukan bahwa defisiensi magnesium dapat meningkatkan gejala depresi dan kecemasan pada tikus. Pisang yang kaya vitamin B6 juga bisa membantu sistem saraf berfungsi dengan lebih baik sekaligus meredakan stres dan keletihan, menrut penelitian pada bulan Juli 2010 di Psychopharmacology yang meneliti penggunaan vitamin B kompleks dosis tinggi.

 

 

3. Buah Alpukat

alpukat
ilustrasi alpukat/copyright shutterstock

Buah alpukat kaya akan lemak tidak jenuh tunggal, vitamin C, vitamin B6, kalium, dan serat yang baik untuk dikonsumsi untuk bantu redakan stres. Kandungan vitamin C dan B6 dapat menurunkan stres dan kandungan kaliumnya dapat menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi buah alpukat juga bisa bantu kita kenyang lebih lama sehingga mencegah kita ngemil berlebihan atau mudah lapar.

4. Sayuran Hijau

Dalam sebuah penelitian bulan April 2018 di Frontiers in Psychology, sayuran hijau seperti bayam dan kale dapat menurunkan stres. Karena kandungan kaliumnya yang tinggi, sayuran hijau dapat menjaga kestabilan kortisol dan tekanan darah tubuh kita. Sayuran hijau juga mengandung folat yang memiliki peran penting dalam produksi hormon dopamin.

Walau ketika sedang stres, kita seringkali kesulitan mengatur nafsu makan, kisa masih memiliki kebebasan dalam memilih makanan atau minuman yang kita konsumsi. Memilih makanan yang tepat merupakan satu langkah mudah yang bisa dilakukan untuk bantu meredakan stres yang kita rasakan.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓