Mengunyah Makanan Perlahan, Ini 5 Manfaat Sehatnya

Endah Wijayanti07 Okt 2019, 13:15 WIB
mengunyah makanan

Fimela.com, Jakarta Untuk membangun pola makan dan kebiasaan makan yang sehat, kita juga perlu memerhatikan cara makan kita. Bukan hanya pilihan menu yang harus diperhatikan, cara kita mengunyah makanan juga jangan sampai terabaikan. Mengunyah makanan perlahan bisa memberi banyak sekali manfaat sehat.

Karena kesibukan atau rutinitas yang padat, seringkali kita menikmati makanan tanpa mengunyahnya dan cenderung buru-buru menelannya. Kebiasaan tidak mengunyah makanan dengan baik bisa menyebabkan sejumlah gangguan seperti perut kembung hingga naiknya berat badan. Dilansir dari opexfit.com, dalam proses mengunyah makanan yang benar, gigi, lidah, dan kelenjar air liur memiliki peran penting yang memengaruhi proses pencernaan. Gigi kita menghancurkan makanan dalam potongan-potongan yang lebih kecil, kelenjar air liur mengeluarkan sejumlah enzim agar makanan bisa diserap dengan baik, serta lidah memudahkan proses pengunyahan sebelum makanan masuk ke dalam perut.

 

Berikut ini lima manfaat utama yang bisa didapat bila kita mengonsumsi makanan dengan baik, antara lain:

1. Memudahkan proses penyerapan nutrisi dan energi dari makanan yang dikonsumsi.

2. Menjaga berat badan tetap ideal.

3. Memudahkan proses pencernaan.

4. Menjaga kesehatan gigi.

5. Mengurangi bakteri berlebih yang masuk ke dalam usus.

Dalam sebuah penelitian terbaru dari Institute of Food Technologists ditemukan bahwa partisipan yang mengunyah makanan lebih lama, semakin kecil partikel yang dihaslukan akan membuat proses penyerapan makanan oleh tubuh jadi lebih cepat. Penelitian lebih jauh yang dilakukan oleh para peneliti di Harbin Medical University di Tiongkok menemukan bahwa partisipan mengonsumsi 11,9 persen kalori lebih sedikit ketika makanannya dikunyah lebih lama. Mereka juga bisa menurunkan berat badan dan lemak, serta bisa merasa lebih berenergi.

Untuk setiap suapan, ada baiknya dikunyah sebanyak 32 kali. Tapi pada dasarnya disarankan untuk mengunyah makanan sampai benar-benar hancur. Kunyah perlahan-lahan, kunyah sampai tidak ada tekstur kering, lalu pastikan makanan sudah ditelan sepenuhnya sebelum mengambil suapan atau gigitan makanan baru. Minum bisa dilakukan saat makanan sudah tertelan semua atau tunggu 15 menit sesudah makan. Beri waktu pada perut untuk menyerap nutrisi yang tercerna dari makanan yang dikonsumsi.

Proses pencernaan dimulai dari proses mengunyah makanan. Kunyah makanan perlahan hingga benar-benar lumat di mulut sebelum ditelan. Walau akan butuh waktu yang lebih lama untuk menghabiskan makanan, tapi manfaatnya akan lebih optimal untuk kesehatan tubuh.

#GrowFearless with FIMELA