Saat Sedang Flu, Bolehkah Berolahraga?

Endah Wijayanti07 Okt 2019, 14:15 WIB
olahraga saat flu

Fimela.com, Jakarta Saat sedang mengalami gejala flu ringan, bolehkan berolahraga? Bagi yang terbiasa berolahraga, rasanya kadang ada yang kurang bila dalam sehari tidak menggerakkan tubuh. Termasuk ketika sedang flu sekali pun, keinginan untuk tetap berolahraga kadang sulit dibendung.

Dikutip dari everydayhealth.com, Leah Mooshil Durst, MD seorang dokter penyakit dalam di NorthShore University HealthSystem di Chicago, Illinois mengungkapkan bahwa penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang terkena virus flu, umumnya masih bisa berolahraga dengan aman. Olahraga ringan tak serta merta memperparah gejalanya tapi juga tidak meringankannya. Hanya saja salah satu manfaatnya adalah bisa bantu mengatasi hidung tersumbat karena pilek asalkan tidak dehidrasi.

Penting bagi kita untuk memahami kondisi tubuh dengan baik sebelum memutuskan akan berolahraga atau tidak saat sedang flu. Kita bisa melakukan olahraga, dengan syarat...

1. Punya cukup energi untuk berolahraga.

2. Gejala flu yang dialami masih tergolong ringan, seperti hidung yang beringus.

3. Tidak sedang demam selama 24 jam terakhir.

 

Selain itu, dalam beberapa kondisi kita sebaiknya tak berolahraga saat sedang flu, seperti ketika...

1. Mengalami demam.

2. Tubuh terasa nyeri dan pegal-pegal.

3. Disertai dengan batuk.

4. Disertai gejala flu lainnya, seperti muntah, diare, atau ruam-ruam pada kulit.

5. Memiliki gangguan penyakit lain, seperti penyakit jantung atau asma.

Hal penting lain yang perlu diingat adalah tak usah memaksakan diri untuk berkeringat ketika berolahraga. Berkeringat tak lantas bantu menyembuhkan saktit flu yang kita derita. Prioritaskan untuk tetap mendapat istirahat cukup dan minum cukup air putih untuk menjaga kondisi tubuh tetap stabil.

Tak perlu terlalu memaksakan diri untuk berolahraga jika kondisi tubuh sedang tidak fit. Fokuskan dulu untuk proses kesembuhan dan pemulihan tubuh, ya.

 

 

#GrowFearless with FIMELA