4 Alasan Olahraga Plank Cocok untuk Perempuan Sibuk

Endah Wijayanti07 Okt 2019, 15:15 WIB
manfaat planking

ringkasan

  • Memperbaiki Postur Tubuh
  • Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh
  • Meningkatkan Keseimbangan Tubuh
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Sebagai perempuan sibuk, kadang sulit sekali bagi kita untuk meluangkan waktu berolahraga. Boro-boro pergi ke gym, sekadar jogging keliling kompleks saja susah untuk dilakukan. Bagi yang punya rutinitas dan kesibukan padat, olahraga plank bisa jadi alternatif yang pas.

Plank merupakan salah satu gerakan olahraga inti yang bagus. Dilansir dari health.com, olahraga plank bisa bantu merampingkan perut dan memperkuat otot-otot tubuh. Bila dilakukan dengan rutin dan benar, olahraga plank bisa memberi sejumlah manfaat.

1. Memperbaiki Postur Tubuh

Untuk menjaga postur tubuh, kita bisa melakukan olahraga plank rutin. Gerakan plank dapat memengaruhi otot-otot di area punggung, dada, bahu, leher, bahkan perut. Dengan memperkuat otot-otot tersebut, posisi bahu dan dada lebih tegak. Postur tubuh pun jadi lebih baik. Hal ini bisa memberi dampak positif dalam keseharian kita bisa tetap beraktivitas dengan lebih baik.

2. Mudah Dimodifikasi

Baik yang jarang olahraga maupun yang sudah rutin olahraga, gerakan plank cukup mudah dilakukan. Mudah pula untuk dimodifikasi. Untuk pemula, bisa melakukan gerakan plank dasar dan menahannya selama 15 detik. Begitu sudah lebih terlatih, kita bisa melakukan gerakan plank dengan mengangkat satu kaki. Durasi lama untuk menahan gerakan plank bisa ditingkatkan sesuai kemampuan.

 

 

3. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

tips planking
Planking./Copyright shutterstock.com/g/Torwai+Seubsri

Plank merupakan latihan yang dapat meregangkan tubuh bagian belakang, khususnya kaki. Menahan posisi plank selama beberapa saat bisa bantu meningkatkan fleksibilitas tubuh kita. Meregangkan otot-otot yang tadinya kaku akan membuat tubuh jadi terasa lebih nyaman.

4. Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Dalam melakukan gerakan plank, kita dituntut untuk menjaga keseimbangan tubuh. Dari sini kita bisa meningkatkan keseimbangan dan kestabilan tubuh. Bagi kita yang sehari-hari memiliki jadwal sangat padat melakukan banyak aktivitas dan pekerjaan, planking bisa menjadi gerakan dasar untuk dicoba di rumah.

Olahraga plank bisa dilakukan di rumah dengan bantuan matras. Bagi yang tidak sempat ke gym atau melakukan olahraga di luar ruangan, plank bisa menjadi alternatif untuk dilakukan sendiri di rumah.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓