10 Jajan Pasar yang Paling Favorit dan Digemari

Mimi Rohmitriasih13 Okt 2019, 08:15 WIB
Jajan tradisional

Fimela.com, Jakarta Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan kuliner yang luar biasa beragam. Tak hanya masakannya yang beragam, jajanan atau camilan di Indonesia juga beragam. Hampir di setiap daerah memiliki jajanan atau camilan khas.

Ngomongin jajanan, salah satu jajanan khas Indonesia yang menjadi favorit banyak orang adalah jajan pasar. Ada beragam jajan pasar dengan cita rasa menggugah selera. Tak hanya enak, jajan pasar khas Indonesia ini juga mengenyangkan dan kaya manfaat buat kesehatan.

Berikut ini Fimela punya daftar jajan pasar yang paling favorit dan digemari warga masyarakat. Penasaran apa saja kira-kira?

Klepon hingga Cenil

Klepon
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Setyo Hadi Joko N

Klepon

Jajan pasar pertama ada klepon. Klepon merupakan jajan pasar yang sangat disukai. Klepon terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bulat dan diisi dengan gula merah kemudian direbus hingga matang. Sajian klepon makin lezat dengan taburan kelapa parut.

Onde-Onde

Jajan pasar selanjutnya yang paling favorit adalah onde-onde. Onde-onde terbuat dari tepung ketan, berbentuk bulat, diisi dengan kacang hijau dengan wijen di bagian luar. Onde-onde memiliki cita rasa gurih manis yang menggugah selera.

Lemper

Jajan pasat selanjutnya adalah lemper. Lemper terbuat dari beras ketan dan berisi isian daging ayam cincang atau abon. Lemper adalah jajanan favorit yang masih sering disajikan di acara keluarga, acara pernikahan atau formal lainnya.

Dadar Gulung

Jajan pasar selanjutnya yang sangat digemari adalah dadar gulung. Dadar gulung terbuat dari tepung beras yang dimasak seperti pancake kemudian diisi dengan kelapa parut campur gula merah.

Cenil

Cenil adalah jajan pasar yang paling favorit dan digemari hampir semua orang. Cenil terbuat dari tepung kanji, tepung tapioka atau tepung ketan. Dalam penyajiannya cenil ditaburi kelapa parut dan disiram dengan saus gula merah.

 

Kue Cucur hingga Kue Talam

Kue Cucur
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Kue Cucur

Kue cucur menjadi jajan pasar yang juga sangat digemari. Kue cucur sangat identik dengan warna cokelat karena terbuat dari tepung beras, santan dan gula merah. Kue cucur nikmat disantap saat pagi, siang atau sore hari sambil bersantai.

Kue Lapis

Jajan tradisional selanjutnya yang sangat populer adalah kue lapis. Kue lapis memiliki cita rasa manis dengan tekstur cukup lengket.

Lopis

Lopis juga menjadi jajan pasar yang paling favorit dan digemari. Lopis biasanya disajikan bersama kelapa parut dan saus gula merah. Lopis terbuat dari beras ketan.

Kue Putu

Kue putu adalah jajan pasar paling favorit dan digemari selanjutnya. Kue putu terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan kelapa parut. Kue putu disajikan bersama taburan kelapa parut dan saus gula merah.

Kue Talam

Jajan pasar ini juga paling favorit dan digemari. Kue talam memiliki cita rasa manis dan gurih yang khas. Kue talam terbuat dari tepung sagu, tepung beras dan pewarna hijau dari daun pandan.

Itulah beberapa jajan pasar yang paling favorit dan digemari masyarakat. Jajan ini tak hanya enak tetapi juga menyehatkan dan mengenyangkan. Selain jajanan di atas, masih ada banyak jajan pasar yang juga favorit misalnya saja lumpia, kue bikang, gethuk, arem-arem, mendut dan masih banyak lagi. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓