6 Makanan Khas Palembang yang Paling Populer

Mimi Rohmitriasih08 Okt 2019, 11:43 WIB
Pempek

Fimela.com, Jakarta Palembang merupakan kota terbesar ke dua di Pulau Sumatera setelah Medan. Ada banyak hal menarik dari kota Palembang. Hal tersebut mulai dari masyarakatnya yang ramah, ada beragam tempat wisata yang bisa memanjakan mata dan ada beragam kuliner khas Palembang yang meggugah selera sehingga memanjakan lidah siapa saja yang mencicipi kuliner tersebut.

Bicara mengenai kuliner khas Palembang, ada banyak kuliner atau makanan yang sangat populer di Palembang. Saking populernya, makanan-makanan ini juga tersebar luas ke berbagai penjuru kota lain di Indonesia bahkan negeri tetangga Malaysia maupun Singapura.

Penasaran apa saja makanan khas Palembang yang paling populer? Simak yang berikut ini.

Tekwan hingga Laksan

Tekwan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Ariyani Tedjo

Tekwan

Makanan pertama adalah tekwan. Bahan membuat tekwan hampir mirip dengan bahan untuk membuat pempek namun ukurannya lebih kecil sebesar bakso. Tekwan disajikan bersama kuah kaldu udang yang gurih dengan tambahan daun seledri, bawang goreng, daun bawang dan potongan bengkoang serta jamur kuping.

Pempek

Hampir semua orang Indonesia mengenai makanan yang satu ini. Pempek memiliki cita rasa gurih yang menggugah selera. Saus pempek yang manis pedas membuat sajian makanan ini semakin lezat.

Laksan

Makanan selanjutnya ada laksan. Laksan disajikan mirip lontong sayur dan memiliki cita rasa yang gurih pedas menggugah selera. Laksan cocok dijadikan menu sarapan pagi atau makan siang. Laksan terbuat dari pempek lenjer yang dipotong-potong kemudian disajikan bersama kuah gurih kaya rempah.

Mie Celor hingga Sambal Tempoyak

Mie celor
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Akhmad Dody Firmansyah

Mie Celor

Mie celor adalah sajian mie yang disajikan bersama kuah santan kental dan dicampur dengan kaldu udang. Ada tauge segar, bawang goreng dan telur dari sajian mie satu ini. Rasa mie celor sangat gurih serta menggugah selera.

 

Pindang Ikan

Pindang ikan merupakan makanan khas Palembang yang sangat populer selanjutnya. Pindang ikan memiliki cita rasa gurih, pedas dan manis khas. Disantap bersama nasi putih hangat, pindang ikan akan semakin menggugah selera.

Sambal Tempoyak

Sambal tempoyak juga merupakan makanan khas Palembang yang sangat populer. Sambal tempoyak terbuat dari sambal yang dicampur dengan daging durian kemudian ditumis hingga matang. Sambal tempoyak memiliki cita rasa khas dan unik.

Itulah beberapa makanan khas Palembang yang paling populer. Selain makanan di atas, ada makanan lain yang tak kalah populer semisal lenggang, kemplang, kue maksuba, kue delapan jam, martabak har, lakso, pecah seribu, es kacang merah, sate sapi cucuk manis dan celimpungan serta burgo.

Dari beberapa makanan di atas, mana nih yang paling favorit buatmu?

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓