4 Tips Mudah Menggoreng Donat agar Mengembang

Endah Wijayanti08 Okt 2019, 14:45 WIB
donat tanpa telur

ringkasan

  • Pakai Minyak Baru dalam Jumlah Banyak
  • Gunakan Api Sedang saat Menggoreng
  • Hindari Membuat Donat Berdesakan di Penggorengan
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Donat yang empuk dan mengembang dengan baik memang yang paling sempurna. Membuat donat sebenarnya tidak terlalu sulit. Ketika adonan berhasil mengembang, kita bisa memiliki donat yang empuk.

Selain proses pembuatan adonan yang tepat, proses menggorengnya juga perlu kita perhatikan. Untuk mendapatkan donat yang mengembang dengan baik, kita pun perlu menggorengnya dengan benar. Ada empat tips mudah yang perlu kita ikuti dalam proses menggoreng donat.

1. Pakai Minyak Baru dalam Jumlah Banyak

Siapkan wajan yang cukup besar. Gunakan minyak goreng yang masih baru. Disarankan pula untuk menggunakan minyak dalam jumlah banyak. Setidaknya donat perlu dalam keadaan benar-benar terendam saat digoreng. Dengan begini, donat yang digoreng bisa mengembang lebih sempurna dan beraroma harum.

2. Gunakan Api Sedang saat Menggoreng

Pernah mendapati donat yang permukaannya gosong tapi bagian dalamnya masih mentah? Bisa jadi penyebabnya karena api yang digunakan terlalu besar. Minyak yang terlalu panas akan membuat donat tidak bisa matang sempurna. Gunaka api sedang untuk memastikan donat matang merata dan mengembang dengan lebih baik.

 

 

3. Hindari Membuat Donat Berdesakan di Penggorengan

Donat palem
Donat.copyright: unsplash/charles duck unitas

Jangan mengisi wajan dengan terlalu banyak donat dan membuatnya sesak. Goreng donat dalam jumlah yang cukup. Tiga hingga empat donat dalam satu kali proses penggorengan rasanya sudah cukup ideal. Jika donat yang digoreng terlalu banyak, nantinya malah akan memengaruhi suhu minyak dan membuatnya jadi makin tak stabil. Kalau sudah begitu, donat kurang bisa mengembang dengan baik.

4. Gunakan Bantuan Sumpit dan Donat Cukup Dibalik Satu Kali

Donat yang terlalu sering dibalik dalam proses penggorengan hanya akan membuat bagian permukaannya saja yang matang. Sebaiknya donat digoreng dengan proses membalik satu kali saja. Saat permukaan atas sudah berwarna cokelat, kita bisa membaliknya ke sisi yang satunya. Kita bisa menggunakan bantuan sumpit kayu untuk menjaga bentuk donat dengan lebih baik.

Tidak terlalu sulit kan tips-tipsnya? Semoga infonya bermanfaat, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓