5 Tips Membuat Tumis Ayam yang Lebih Sedap

Endah Wijayanti08 Okt 2019, 15:15 WIB
tumis ayam

ringkasan

  • Gunakan Daging Paha Ayam
  • Gunakan Wajan Besi Karbon
  • Daging Ayam Ditumis sampai Layu Terlebih Dahulu
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Daging ayam bisa diolah dengan berbagai macam cara. Salah satunya dengan cara ditumis. Membuat tumis daging ayam pun tidak terlalu sulit. Hanya saja untuk membua tumis ayam yang lebih sedap, ada sejumlah tips yang perlu diikuti.

Dengan beberapa tips sederhana, kita bisa membuat olahan tumis ayam yang lebih lezat. Selengkapnya, langsung saja simak tips-tipsnya di sini.

1. Gunakan Daging Paha Ayam

Dilansir dari foodandwine.com, daging dada ayam bisa menjadi pilihan yang cocok utnuk diolah dengan cara ditumus. Tapi bila ingin tekstur yang lebih lembut dan gurih, kita bisa menggunakan daging paha ayam. Buang bagian tulangnya, ambil dagingnya lalu potong-potong untuk dijadikan tumisan.

2. Daging Ayam Dimarinasi Terlebih Dahulu

Bila ingin olahan tumis ayam dengan bumbu yang lebih meresap, coba marinasi daging ayamnya terlebih dahulu. Kita bisa menggunakan bumbu marinasi dari aneka rempah untuk merendam daging ayam. Merendam daging ayam dalam saus yang dicampur dengan jahe parut dan bawang putih halus juga sudah cukup sebelum diolah untuk ditumis.

 

 

3. Keringkan Bahan-Bahan Lainnya

Resep Tumis Dada Ayam Saus Merah
ilustrasi./copyright by AS Food studio from Shutterstock

Maksudnya bila ada bahan-bahan yang mengandung air atau baru dibilas, tiriskan dulu sampai kesat. Bila perlu keringkan dengan bantuan tisu makan atau paper towel. Bila akan menambahkan air agar bumbu bisa lebih meresap, tambahkan air setelah daging ayam dan semua bumbu tercampur. Aneka saus dan kecap sesuai selera bisa ditambahkan pada tahap terakhir memasak.

4. Gunakan Wajan Besi Karbon

Wajan besi karbon adalah wajan yang ideal untuk membuat tumis daging ayam yang enak dan empuk. Dengan wajan ini, kita bisa menggunakan api yang lebih besar untuk memudahan proses mematangkan daging ayam lebih cepat empuk dan tetap juicy.

5. Daging Ayam Ditumis sampai Layu Terlebih Dahulu

Ketika wajan sudah panas, tuang minyak. Lalu tumis daging ayam sampai agak layu terlebih dahulu. Setelah itu kita bisa memasukkan bahan-bahan dan bumbu lainnya. Di sini kita bisa memastikan daging ayam yang kita tumis matang sempurna.

Tips-tips di atas sangat mudah untuk dipraktikkan langsung, bukan? Semoga infonya bermanfaat, ya. Selamat memasak!

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓