Cara Menggoreng Udang Agar Renyah Seperti di Restoran

Mimi Rohmitriasih13 Okt 2019, 09:15 WIB
Udang

Fimela.com, Jakarta Udang menjadi salah satu bahan makanan yang disukai oleh hampir semua orang. Biasanya, masakan favorit yang terbuat dari udang adalah udang goreng. Udang goreng dengan cita rasa gurih manis dan tekstur renyah adalah favorit semua orang.

Untuk menggoreng udang agar rasanya lebih gurih, manis dan kalau digigit bunyi kres-kres seperti udang buatan chef restoran, ada beberapa cara yang perlu kita lakukan. Penasaran seperti apa caranya?

Cara Menggoreng Udang agar Renyah

Udang
Ilustrasi/copyright shutterstock.com
  1. Saat membeli udang, pastikan untuk membeli udang yang masih segar. Udang yang segar biasanya kulitnya masih keras, permukaan kulit terlihat mengkilat, air untuk pada wadah menyimpan udang bening dan beraroma segar.
  2. Setelah sampai rumah, segera cuci bersih udang. Sebaiknya cuci udang di bawah air mengalir.
  3. Potong kumis udang dan ambil kotoran di dalam kepalanya. Cuci lagi udang hingga benar-benar bersih.
  4. Siapkan baskom berisi air jeruk nipis yang dicampur soda kue. Tambahkan sedikit air kemudian rendam undang yang telah dicuci dalam campuran air jeruk nipis dan soda kue.
  5. Siapkan bumbu udang yang telah dihaluskan terdiri dari garam, ketumbar, bawang putih dan penyedap masakan (jika suka).
  6. Cuci bersih lagi udang yang telah direndam dengan air jeruk nipis campur soda. Masukkan ke dalam bumbu halus, aduk rata.
  7. Panaskan minyak, goreng udang dengan api sedang sebentar saja hingga warnanya berubah kemerahan.
  8. Angkat udang goreng yang telah matang, tiriskan dan sajikan selagi masih fresh.
 

Menggoreng atau merebus udang tak perlu terlalu lama karena ini bisa membuat tekstur undang tak lagi renyah. Cara yang sangat mudah bukan? Selamat mencoba tips dapur ini dan semoga bermanfaat.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓