Apakah Pemanis Buatan Tingkatkan Risiko Diabetes? Ini Faktanya

Febi Anindya Kirana09 Okt 2019, 09:15 WIB
pemanis buatan

Fimela.com, Jakarta Selama ini mungkin orang sering menganggap selepe pemanis buatan. Pemanis buatan hampir selalu ada di setiap makanan kemasan. Tidak seperti gula, pemanis buatan memiliki kalori yang lebih rendah. Namun seperti apa hubungannya dengan penyakit diabetes? Apakah pemanis buatan juga bisa memicu diabates?

Jika ingin merasakan makanan manis, banyak orang yang memiliki penyakit diabetes memilih mengurangi konsumsi gula dengan cara mengganti dengan pemanis buatan. Karena diketahui bahwa konsumsi pemanis buatan tidak meningkatkan kadar gula darah.

Beberapa penelitian, salah satunya yang diterbitkan dalam The British Journal of Nutrition menemukan bahwa ada kaitan erat antara pemanis buatan pada minuman soda dalam menaikkan kadar gula darah.

Ilustrasi Gula Darah
Ilustrasi Gula Darah (sumber: iStockphoto)

Namun banyak penelitian lain dengan eksperimen kontrol, salah satunya pada penelitian yang dimuat dalam PubMed Central Diabetes Care, menunjukkan bahwa konsumsi pemanis buatan saja, tidak menaikkan risiko diabetes.

Bisa ditarik kesimpulan bahwa pemanis buatan memang bisa mengurangi konsumsi gula pada penderita diabetes, dan konsumsinya dalam minuman bersoda memang menaikkan kadar gula darah karena minuman soda memiliki lebih banyak kandungan gula.

Namun untuk konsumsi sederhana, pemanis buatan tidak meningkatkan kadar gula darah, yang mana juga tidak menaikkan risiko diabetes. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk hal ini.

#GrowFearless with FIMELA