5 Trik Mudah untuk Mengumpulkan Uang Lebih Cepat

Karla Farhana09 Okt 2019, 09:30 WIB
[Fimela] Menabung

Fimela.com, Jakarta Ketika menginginkan sebuah barang, atau bercita-cita untuk traveling ke negara-negara dengan biaya hidup mahal, mengumpulkan uang tidak bisa hanya mengandalkan menyisihkan uang belaka. Dengan adanya kebutuhan yang mendesak dan batas waktu yang sempit, Sahabat Fimela perlu melakukan berbagai teknik pengumpulan uang dengan cepat. 

Meski tidak ada jalan pintas untuk menimbun uang, mempercepat proses sebenarnya masih bisa kamu akali dengan berbagai cara. Bukan cuma menyisihkan uang dari pendapatan per bulan, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengumpulkan uang dalam waktu lebih singkat. 

1. Buka Rekening Tabungan Baru

Banyak orang mengeluh tidak bisa mengumpulkan uang. Karena, uang yang sudah mereka sayang-sayang tetap saja akan mereka ambil untuk kebutuhan yang mendesak saat itu, atau dibelanjakan karena tergiur tawaran produk-produk yang sudah lama kamu inginkan. Triknya, pisahkan tabunganmu dengan cara membuka rekening baru, khusus untuk menabung.  

 

2. Gunakan Kartu Kredit dengan Bijak

[Fimela] Kartu Kredit
Kartu Kredit | unsplash.com/@squareinc/collections

Kartu kredit tidak perlu kamu gunting demi mencegah dirimu sendiri untuk menggunakannya. Sahabat Fimela hanya perlu menggunakannya dengan lebih bijak lagi. Dilansir dari the Simple Dollar, gunakan kartu kredit hanya untuk melakukan pembayaran online yang tidak bisa dilakukan dengan uang fisik. Misalnya membeli tiket pesawat. Hindari pembelian makanan, kopi, dan belanja menggunakan kartu kredit karena akan menimbulkan rasa ketagihan karena segala kemudahan yang ditawarkan. 

3. 30 Days Rule

Ada begitu banyak diskon besar yang akan selalu merayumu untuk terus berbelanja dan akhirnya menggunakan uang yang sudah kamu tabung. Meski memerlukan latihan yang rutin dan kemauan yang keras, kamu bisa mengaplikasikan 30 days rule, dimana kamu menunggu selama 30 hari sebelum memutuskan untuk membeli barang yang kamu taksir. Kalau keinginan sudah hilang setela 30 hari, kamu tidak perlu membelinya, kan? 

 

4. Bikin Daftar Belanja

Ilustrasi Belanja
Ilustrasi belanja (dok. Pixabay.com/gonghuimin468/Putu Elmira)

Agar tidak over shopping yang secara tidak kamu sadari menjadi alasan kenapa uangmu selalu habis di akhir bulan, buat daftar belanjaan bulanan. Teguhkan diri untuk tidak membeli barang atau produk serta jasa lainnya yang tidak ada di dalam daftar. 

5. Menambah Penghasilan

Cara menabung yang paling baik adalah dengan menambah penghasilan. Sahabat Fimela mungkin pernah mendengar soal 'keran' penghasilan tidak boleh cuma ada satu. Usahakan, kamu memiliki penghasilan lain selain gaji bulanan yang kamu terima dari pekerjaan utama. 

 

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓