Perut Kekenyangan, Lakukan Olahraga Ini untuk Melancarkan Pencernaan

Endah Wijayanti13 Okt 2019, 12:15 WIB
yoga sebelum tidur

Fimela.com, Jakarta Perut kekenyangan karena kebanyakan makan? Atau sedang stres sehingga melampiaskan emosi berlebihan dengan cara banyak makan? Makan sampai perut terlalu kekenyangan memang kurang baik. Namun, bukan berarti tak ada cara untuk mengatasinya.

Biasanya saat perut dalam keadaan penuh dan sangat kekenyangan, pencernaan bisa terhambat. Belum lagi dengan sensasi kurang nyaman yang kita rasakan. Agar pencernaan lancar, ada olahraga yang bisa dilakukan.

Latihan Yoga Selama 15 Menit

Hindari gerakan yang terlalu rumit atau intens. Dilansir dari shape.com, instruktur yoga Tamal Dodge menyebutkan ada dua posisi yoga yang bisa dilakukan untuk membantu proses pencernaan, yaitu sukasana dan anuloma viloma. Untuk melakukan sukasan, kita cukup duduk bersila, silangkan kedua kaki dan letakkan di atas lutut. Selama menahan posisi ini, fokuslah pada latihan pernapasan dengan menjaga punggung tetap tegak. Anuloma viloma adalah latihan pernapasan untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Dalam latihan ini, bernapas dilakukan dengan satu sisi lubang hidang secara bergantian selama satu menit, ulangi dua hingga tiga kali.

 

Jalan-Jalan

Ini cara mudah untuk membantu memperlancar pencernaan setelah perut kekenyangan. Jalan kaki santai bisa bantu mengoptimalkan proses pencernaan. Luangkan waktu sejenak jalan kaki keliling kompleks bisa cukup membantu meringankan kerja sistem pencernaan tubuh.

Saat perut kekenyangan, sebaiknya tidak langsung tidur. Beri waktu pada tubuh untuk mencerna makanan dengan baik terlebih dahulu. Bisa dengan sambil melakukan yoga ringan atau jalan-jalan santai sebentar.

#GrowFearless with FIMELA