8 Kue Tradisional Paling Favorit yang Menggunakan Gula Merah

Mimi Rohmitriasih14 Okt 2019, 09:15 WIB
Lupis

Fimela.com, Jakarta Indonesia memiliki beragam kuliner enak dan menggugah selera. Tak hanya itu saja, Indonesia juga punya beragam kue tradisional atau jajan pasar yang enaknya juara.

Bicara mengenai kue tradisional, ada beberapa hal menarik dari kue-kue tradisional khas Indonesia khususnya Jawa. Secara umum, kue tradisional menggunakan bahan-bahan yang masih alami, menggunakan gula merah untuk menambah rasa manisnya dan menggunakan taburan kelapa parut untuk menciptakan cita rasa lebih gurih.

Kali ini Fimela punya daftar kue tradisional Indonesia yang menggunakan gula merah atau gula Jawa di dalamnya. Apa saja?

Kue Tradisional dengan Gula Merah

cenil
ilustrasi cenil/copyright Shutterstock

Cenil

Kue pertama yang menggunakan gula merah adalah cenil. Cenil adalah kue tradisional atau jajan pasar yang sampai saat ini masih menjadi jajan paling favorit.

Klepon

Siapa yang tak kenal dengan klepon? Klepon adalah kue tradisional yang menggunakan gula merah di dalamnya. Klepon yang berbentuk bulat gula merah yang telah mencair sehingga rasanya lebih manis sekaligus gurih khas.

Jemblem

Kue tradisional selanjutnya yang menggunakan gula merah adalah jemblem. Jemblem disebut juga sebagai onde-onde ketela pohon karena terbuat dari parutan ketela. Jembel berbentuk bulat yang berisi gula merah di dalamnya.

Mendut

Kue tradisional selanjutnya dengan gula merah adalah mendut. Mendut adalah kue yang terbuat dari tepung beras atau ketan yang dicampur dengan kelapa parut kemudian diisi dengan gula merah yang kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Mendut adalah makanan yang sangat enak.

 

Kue Cucur hingga Putu

kue cucur
Tips membuat kue cucur./Copyright shutterstock.com

Kue Cucur

Kue cucur juga menjadi kue yang tak bisa lepas dari gula merah. Cucur gula merah adalah cucur favorit semua orang.

Lupis

Kue tradisional lainnya yang juga menggunakan bahan gula merah di dalamnya adalah ;lupis. Lupis terbuat dari beras ketan dan disajikan bersama saus gula merah yang legit.

Putu

Putu juga termasuk kue tradisional yang menggunakan gula merah. Putu terbuat dari tepung beras dan kelapa parut serta garam yang di dalamnya ada gula merahnya. Putu memiliki cita rasa yang sangat enak.

Awug-Awug

Awug-awug biasanya juga disebut sebagai iwel-iwel. Kue ini berbentuk seperti mendut tapi lebih gurih. Awug-awug masih sering disajikan sebagai menu andalan saat ada acara adat Jawa.

Itulah beberapa kue tradisional yang menggunakan gula merah di dalamnya. Dari beberapa makanan di atas, mana nih kue tradisional favoritmu?

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓