5 Cara Alami untuk Bantu Dapatkan Siklus Haid Teratur

Endah Wijayanti12 Okt 2019, 09:45 WIB
tips haid teratur

Fimela.com, Jakarta Siklus haid masih bisa dibilang teratur bila terjadi setiap 24 hingga 38 hari sekali. Sedangkan siklus yang tidak teratur adalah ketika datangnya haid sering lebih cepat atau jauh terlambat setiap bulannya. Untuk mendapatkan haid yang teratur, ada sejumlah upaya dan cara alami yang bisa kita lakukan.

Memang ada baiknya kita berkonsultasi ke dokter bilang siklus haid kita sangat tidak teratur dan mulai mengkhawatirkan. Selain itu, ada sejumlah cara alami yang bisa dicoab untuk mengupayakan siklus haid yang teratur. Berikut keterangan lengkapnya.

1. Melakukan Latihan Yoga

Yoga terbukti menjadi salah satu cara efektif untuk mengatasi masalah haid. Dilansir dari healthline.com, sebuah penelitian tahun 2013 dengan 125 partisipan menemukan bahwa melakukan yoga selama 35 - 40 menit per hari lima kali seminggu selama 6 bulan bisa bantu menurunkan kadar hormon penyebah haid tidak teratur. Yoga juga terbukti bisa bantu mengurangi sakit nyeri haid dan gejala emosi yang berkaitan dengan haid, seperti depresi dan kecemasan. Bagi yang sering mengalami PMS (premenstrual symptoms), latihan yoga bisa bantu mengatasinya.

2. Minum Air Jahe

Hasil dari sebuah penelitian dari 92 perempuan yang mengalami haid yang berat memperlihatkan bahwa konsumsi suplemen jahe setiap hari bisa bantuk mengurangi volume darah yang keluar saat haid. Tapi penelitian tersebut hanya melibatkan remaja putri usia sekolah sehingga penelitian lebih lanjut masih diperlukan. Mengonsumsi 750 - 2.000 mg bubuk jahe pada 3 - 4 hari pertama haid terbukti bantuk mengatasi nyeri haid. Walau belum ada bukti ilmiah jahe dapat mengatasi siklus haid yang tidak teratur, tapi jahe sudah terbukti bantu redakan gejala-gejala PMS.

 

 

3. Jaga Berat Badan Ideal

Tips Diet
Ilustrasi./copyright shutterstock

Perubahan berat badan bisa memengaruhi siklus haid. Kenaikan berat badan atau penurunan berat badan drastis bisa menyebabkan siklus haid tidak teratur. Perempuan obesitas berisiko tinggi mengalami siklus haid tidak teratur dan mengalami nyeri haid yang lebih parah dibandingkan perempuan dengan berat badan ideal. Hal ini karena pengaruh sel-sel lemak terhadap hormon dan insulin dalam tubuh.

4. Konsumsi Kayu Manis

Kayu manis ternyata bisa memberi manfaat pada berbagai masalah haid. Dalam sebuah penelitian tahun 2014 ditemukan bahwa kayu manis dapat melancarkan siklus haid dan bantu mengatasi masalah PCOS pada perempuan, meski penelitian tersebut hanya melibatkan sedikit partisipan. Kita bisa coba mencampurkan kayu manis batang atau bubuk kayu manis pada minuman hangat yang kita minum untuk bantu melancarkan siklus haid.

5. Olahraga Rutin

Olahraga rutin bisa dilakukan untuk menjaga berat badan tetap ideal. Hal ini kemudian dapat membantu melancarkan siklus haid. Selain itu, dapat bantu meredakan nyeri haid. Bisa coba lakukan olahraga aerobik selama 30 menit setiap hari, tiga kali seminggu selama 8 minggu untuk mengupayakan siklus haid yang lebih lancar.

Kita perlu segera pergi ke dokter dan memeriksaka diri bila kita merasa siklus haid kita mengkhawatirkan. Misalnya, tidak haid selama tiga bulan, mengalami haid lebih dari satu kali setiap 21 hari, nyeri haid yang parah, dan haid yang berlangsung lebih dari satu minggu. Dokter akan memberi obat atau penanganan yang tepat tergantung dari penyebab kondisi kita.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓