FIMELA FEST 2019: Tanpa Disangka, Ini Kebiasaan yang Bikin Pengeluaran Membengkak

Nabila Mecadinisa12 Okt 2019, 14:00 WIB
Ilustrasi belanja online

Fimela.com, Jakarta Hidup di era modern membuat kita harus cermat dalam menghadapi kehidupan. Seperti dalam mengatur pengeluaran harian, yang menuntut kita harus bijak agar tidak besar pengeluaran dari pemasukan. Berapapun gaji kamu, di saat kamu tak bisa mengelolanya dengan baik, maka sudah pasti kamu akan mengalami pengeluaran yang berlebihan.

Ternyata, ada sejumlah kebiasaan yang tanpa disadari menjadi pemicu uang terbuang sia-sia. Penasaran apa saja?

1. Kebiasaan nongkrong di kafe

Nongkrong di kafe sah-sah saja, tapi kamu juga harus tahu batasnya. Jangan sampai karena ingin eksisi atau tergoda ajakan teman, kamu jadi terlalu sering nongkrong di kafe. Walaupun hanya jajan sedikit, tapi jika dikalkulasikan, maka biaya yang dikeluarkan bisa tak terduga.

2. Mudah termakan promo

Kini banyak sekali promo yang menawarkan ragam diskon atau cashback. Di saat kamu cermat dan pandai mengatur keuangan, memang akan menguntungkan, jika cashback tersebut ditabung dan digunakan untuk kebutuhan bulan mendatang. Tapi akan jadi boomerang di saat kamu langsung menghabiskan cashback tersebut untuk jajan makanan atau minuman lainnya saat itu juga. Alhasil, pengeluran akan jadi lebih besar. 

Kebiasaan yang Membuat Kantong Jebol

Belanja online
Belanja online. (Foto: unsplash)

3. Malas menyimpan uang receh

Memang hal ini terdengar sepele, tapi saat receh dikumpulkan, lambat laut akan menjadi nilai yang membuat kamu kaget. Coba deh, mulai sekarang simpan koin tersebut dalam satu wadah dan jika sudah banyak, hitung dan buktikana sendiri berapa nilainya.

4. Kebiasaan ambil atau transfer ke rekening bank lain

Di saat kamu mengambil uang atau mentransfer uang ke bank lain, maka ada biaya administrasi yang harus dibayar. Hal ini tentu akan mengikis isi tabunganmu dan perlahan tabungan akan mulai berkurang nilainya.

5. Impulsif

Ini hal yang paling banyak menguras isi kantong. Gaya hidup impulsif tentu sangatlah merugikan. Demi memenuhi keinginan yang tidak dibutuhkan, maka kamu harus merogoh kocek lebih dalam. Akan lebih baik dan bijak saat kamu membeli barang yang memang dibutuhkan.

 

 

 

 

Fimela Fest 2019

FIMELA FEST 2019
FIMELA FEST 2019

FIMELA ingin mengajakmu menjadi perempuan Indonesia yang tangguh, dan terbebas dari rasa takut dengan tagihan kartu kredit, atau keuangan yang tidak sehat. Ketahuilah bahwa setiap perempuan terlahir istimewa. Yuk, Grow Fearless bersama Fimela. Segera daftarkan dirimu di sini dan dapatkan undangan FIMELA FEST 2019.

 

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓