FIMELA FEST 2019: Hidup Serba Rumit, Begini Berpikir Optimis Agar Tak Menyalahkan Diri Sendiri

Febi Anindya Kirana11 Okt 2019, 12:35 WIB
positif optimis

ringkasan

  • Ubah cara berpikir
  • Berpikiran sederhana
  • Kelilingi diri dengan orang-orang yang positif
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Hidup ada naik dan turunnya. Ketika naik, kita mudah berpikiran baik dan positif, namun ketika sedang turun, tak bisa dihindari jika orang cenderung berpikiran buruk dan pesimis. Tentu saja, semua orang tahu bahwa berpikiran buruk dan pesimis itu tak baik, namun bagaimana caranya mengendalikan diri agar bisa tetap berpikiran optimis setiap hari, apalagi ketika sedang kesulitan?

1. Ubah cara berpikir

Cara berpikir sangat berpengaruh besar terhadap bagaimana orang menyikapi suatu hal. Untungnya, otak kita sangat fleksibel dan mudah diubah. Memang dibutuhkan waktu dan pengulangan agar bisa membangun pikiran positif pada setiap hal yang terjadi dalam hidup, namun semua itu layak.

Seperti ketika ditipu atau dikhianati, boleh marah, sedih dan kecewa, tapi juga harus berpikir bahwa setiap hal ada karena suatu alasan. Entah itu untuk mengajarmu lebih tegas mengambil tindakan, belajar dari kesalahan atau Tuhan memang punya jalan lain untukmu.

 

 

2. Berpikiran sederhana

self love
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Makistock

Beberapa orang cenderung jadi tipe pemikir, yang apa-apa selalu dipikirkan secara mendalam dan serius. Padahal, jika bisa berpikir lebih santai dan menyikapinya secara sederhana, hidup juga akan terasa lebih mudah dan ringan.

Seperti ketika akan menerima tawaran job tapi ternyata malah teman yang mendapatkannya, jangan merasa rezekimu diambil, karena itu sebenarnya memang bukan rezekimu. Jadi tak perlu marah atau membenci teman.

3. Kelilingi diri dengan orang-orang yang positif

Batasi bergaul dengan para penggosip, yang suka membicarakan buruknya orang lain dan merasa mereka yang paling benar dan sempurna. Dengan menyingkirkan 'toxic people', perlahan kamu juga akan menata pikiranmu menjadi lebih positif. Pikiran positif ini akan menggiringmu untuk berpikiran optimis, berpikir selalu ada harapan baik ke depan.

Akan selalu ada hal untuk dilakukan untuk menjadi orang positif dan optimis setiap harinya, yang kamu perlukan adalah menerapkan sekian hal di atas, Sahabat Fimela. Jangan lupa juga untuk mengikuti Talkshow: “Self Love and Be Good to Your Self” with Andra Alodita & Tara de Thouars (psikolog).

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓