Kurangi Risiko Gagal Jantung dengan Kopi Hitam, Benarkah?

Fimela Editor15 Okt 2019, 07:00 WIB
Kopi

Fimela.com, Jakarta Tahukah kamu bahwa kopi hitam juga berkhasiat untuk kesehatan? Sahabat Fimela, kopi hitam dikenal dengan rasa pahitnya yang pekat, tapi bagi para penikmat kopi sejati, kopi hitam memiliki cita rasa tersendiri yang menggugah selera para penikmatnya. Sama seperti kopi susu, kopi hitam juga terdiri dari berbagai jenis, seperti tiga jenis kopi ini yang sudah sangat familiar yaitu Espresso atau Short Black, Long black atau Americano, dan Macchiato. Selain cita rasa nya yang unik, ternyata kopi hitam juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Dilansir dari tipsandshare.com Kopi hitam bermanfaat bagi orang dengan risiko stroke, gagal jantung, dan penyakit jantung koroner. Menurut American Heart Association, delapan ons kopi hitam dapat mengurangi risiko sebesar 10% dibandingkan dengan orang yang menghindari kopi.

Walaupun mengandung manfaat bagi kesehatan, kopi hitam juga tidak akan bekerja jika kamu salah aturan dalam mengkonsumsinya. Lalu, bagaimana ya cara mengkonsumsi kopi dengan takaran yang pas dan bermanfaat bagi kesehatan?

1. Berhenti mengkonsumsi kafein di atas jam 2 siang. Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat kamu juga harus menjaga pola tidur. Kafein bisa berpengaruh pada pola tidurmu loh! Jadi, cukup dikonsumsi pada pagi hari atau siang hari ya, Sahabat Fimela! 

Manfaat kopi hitam untuk ringankan risiko gagal jantung

Minuman Ini Tidak Baik Dikonsumsi Saat Sahur
Kopi / Sumber: iStockphoto

2. Jika kamu tidak suka yang terlalu pahit, kamu bisa menambahkan gula seperlunya. Akan lebih bagus lagi kalau kamu menggunakan diet sugar.

3. Semua yang alami sudah pasti aman, tapi semua yang aman belum tentu alami! Untuk memilih jenis kopi yang sehat kamu bisa memilih kopi organik yang diolah secara manual.

4. Konsumsi kopi secukupnya. Kelebihan dosis kafein juga tidak baik untuk tubuh. Waktu yang aman untuk mengonsumsi kopi adalah pagi hari saat mulai beraktivitas, karena tubuh membutuhkan tenaga lebih untuk segala aktivitasmu.

5. Kamu bisa menambahkan kayu manis yang berbentuk serbuk agar tubuhmu terhindar dari kenaikan gula darah. Selain itu, kayu manis juga mengeluarkan aroma yang nikmat untuk kopimu.

6. Sebelum diminum, kamu wajib menyaringnya terlebih dahulu. di kutip dari doktersehat.com meski sudah disaring dengan menggunakan kertas khusus, kandungan nutrisi dari kopi dan juga kafein yang terkandung tidak akan hilang.

 

Manfaat lain kopi hitam bagi kesehatan

Manfaat kopi hitam
Penyaring Khusus Kopi / Sumber: iStockphoto

Selain baik untuk jantung, kopi hitam juga mempunya manfaat lainnya untuk kesehatan, yaitu:

1. Mengurangi Risiko Diabetes

Kopi dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe-2, penyakit yang berhubungan dengan gaya hidup. Kopi hitam dapat mengurangi 67% risiko tergantung pada individu. Karena, kafein meningkatkan neurotransmitter (Berperan dalam mempengaruhi sikap, perilaku, dan emosi seseorang) yang berbeda yang mengurangi jumlah gula. Selain itu, kopi hitam juga meningkatkan resistensi insulin.

2. Terdapat beragam antioksidan dan nutrisi

For your information, kopi hitam mengandung banyak mineral dan vitamin. Adanya kandungan antioksidan yang akan mengatur kesehatan kamu dan mengurangi risiko penyakit kronis. Ini adalah salah satu sumber antioksidan paling penting dalam diet ala masyarakat barat.

Jadi, selain mendapatkan cita rasanya yang khas kamu juga bisa menjaga kesehatan jantung melalui kopi hitam ini. Perhatikan cara membuat dan aturan mengkonsumsinya ya. Jangan berlebihan, karena akan berakibat buruk bagi kesehatanmu.

(Iffah Nurahmah)

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓