Cegah Hormon Tidak Seimbang Selama Haid, Konsumsi 3 Nutrisi Ini

Febi Anindya Kirana12 Okt 2019, 13:26 WIB
makanan saat haid

Fimela.com, Jakarta Bukan hanya kadar gula darah yang tak seimbang selama haid dan menyebabkanmu mudah lapar dan ingin makan semaua makanan yang ada di depan mata, hormon lainnya dalam tubuh juga kacau selama tamu bulanan ini datang.

Bukan hanya suasana hati saja yang buruk, kadar energi tubuh dan bahkan pencernaan juga jadi korbannya. Untuk mencegah hormon tidak seimbang, atau paling tidak mengurangi gejalanya, perempuan disarankan mencukupi kebutuhan tiga nutrisi berikut:

1. Vitamin B-Kompleks

Vitamin B-kompleks bisa didapat dari makanan sehari-hari atau dari suplemen. Vitamin B kompleks membantu mengisi kembali tubuh vitamin B esensial yang penting untuk detoksifikasi sekaligus menjaga keseimbangan hormon tubuh selama siklus menstruasi. Misalnya ketika kekurangan vitaminB1 dan B6, perempuan akan mudah mengalami kram sepanjang menstruasi.

 

2. Omega-3

Salad
Salad, makanan sehat yang ternyata bisa bikin gemuk. (iStockphoto)

Asam lemak omega-3 adalah lemak yang dibutuhkan tubuh sebagai anti-inflamasi, mengurangi rasa sakit dan mencegah kram otot. Asam lemak omega-3 bisa didapat dari suplemen, chia seed, alpukat dan ikan-ikanan seperti tuna, salmon, dan sarden.

3. Probiotik

Hormon estrogen selama haid bisa mengacaukan pergerakan usus sehingga menyebabkan kembung, konstipasi atau bahkan diare. Karena hal inilah probiotik atau bakteri baik untuk usus penting dikonsumsi selama menstruasi. Rajin minum dan makan yogurt selama menstruasi bisa mengurangi derita pencernaan selama menstruasi.

Jadi, jika ingin menjaga keseimbangan hormon selama haid, pastikan mengonsumsi ketiga nutrisi ini ya, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓