Menjaga Kesehatan Mental Anak Muda dalam Menghadapi Kecemasan Sosial

Meita Fajriana13 Okt 2019, 16:00 WIB
Kesehatan mental anak muda

Fimela.com, Jakarta Kesehatan mental anak muda perlu mendapat perhatian khusus. Terlebih dengan semakin berkembangnya teknologi digital, yang mendorong mereka menghadapi krisis dan kecemasan sosial. Kecemasan ini terjadi di media sosial.

Untuk itu, pada Hari Kesehatan Mental Sedunia, brand perawatan rambut CLEAR berkomitmen untuk meningkatkan ketangguhan mental anak muda dalam menghadapi kecemasan sosial yang disebabkan oleh tekanan dunia yang selalu aktif dan kompetitif ini.

Oleh karena itu, untuk membekali anak muda dengan alat untuk mengatasi kecemasan sosial, dihadirkan CLEAR Resilience Bootcamp, sebuah program pelatihan komprehensif untuk meningkatkan ketangguhan mental anak muda. CLEAR percaya bahwa setiap orang harus dapat melakukan yang terbaik. Namun, kecemasan sosial yang didefinisikan sebagai 'rasa takut dihakimi', dapat menjadi penghalang bagi kaum muda untuk melakukan yang terbaik.

CLEAR Resilience Bootcamp akan memberikan program yang menciptakan pribadi-pribadi yang tangguh melalui pelatihan langsung dan online. Dalam program ini mereka dilengkapi dengan alat dan sumber daya yang dibutuhkan agar lebih tangguh. Ketangguhan adalah kemampuan kita untuk mengatasi tantangan dan tekanan yang dirasakan oleh anak muda dewasa ini, baik itu di lingkungan sekolah atau dalam kelompok sosial.

 

Faktor yang mempengaruhi kesehatan mental anak muda

Kesehatan mental anak muda
Kesehatan mental anak muda. (Foto: DanaTentis from Pixabay )

Beberapa faktor yang diperhatikan pada program ini. Pertama, seberapa kuat seseorang menangani faktor stres eksternal yang dapat menyebabkan kecemasan sosial, seperti memulai dunia perkuliahan atau tekanan teman sebaya. Kedua, seberapa banyak sumber daya yang mereka miliki dari teman, keluarga, guru, teman sebaya, dan komunitas mereka.

“Penelitian menunjukkan bahwa 1 dari 3 kaum muda berjuang untuk menemukan sumber daya yang dapat mereka gunakan untuk membantu mengatasi kecemasan sosial. Kami di sini berupaya mengubahnya. Inisiatif baru oleh CLEAR dirancang untuk mangatasi masalah kecemasan sosial yang kian meningkat pada kaum muda, membebaskan mereka dari kecemasan dan keraguan diri,” kata Tri Tran-Tue Wakil Presiden CLEAR di Unilever seperti rilis yang diterima Fimela, Minggu (13/10/2019).

 

Alat diagnostik untuk program CLEAR Resilience Bootcamp

Kesehatan mental anak muda
Kesehatan mental anak muda. (Foto: Shahariar Lenin from Pixabay)

Pada fase pertama, CLEAR melengkapi alat diagnostik yang telah terbukti secara ilmiah dan video dari sosok panutandan artikel pendidikan. Platform digital ini dapat diikuti secara gratis dan dapat diakses oleh semua orang dan akan terus dikembangkan dan ditingkatkan agar dapat memenuhi kebutuhan anak muda dengan lebih baik.

Program online ini dimulai dengan dua diagnostik yaitu langkah penting pertama dalam menciptakan perubahan positif. Yang satu menilai tingkat kecemasan sosial melalui pengukuran keberanian, dan yang lain mengevaluasi tingkat ketangguhan diri.

Setelah mereka diberi skor, para pengguna dibawa ke beranda di mana tersedia beragam pelajaran yang dapat mereka pilih untuk membantu mereka membangun ketahanan diri, mulai dari "Membangun Hubungan Positif" hingga "Mengelola Situasi yang Menimbulkan Stres".

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓