Agar Tidak Pahit, Rebus Daun Pepaya dengan Tambahan Daun Ini

Endah Wijayanti20 Okt 2019, 09:15 WIB
resep daun pepaya

Fimela.com, Jakarta Daun pepaya bisa diolah jadi aneka hidangan lezat. Salah satunya adalah dengan dibuat jadi tumis daun pepaya. Biasanya daun pepaya perlu direbus lebih dahulu sebelum dibumbui lalu ditumis. Untuk memastikan daun pepaya tidak pahit, proses perebusan ini perlu diperhatikan.

Daun pepaya bila direbus begitu saja, rasanya mungkin akan tetap pahit. Ada banyak cara untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya. Salah satunya adalah dengan menambahkan jenis daun tertentu pada air rebusan.

Dengan Daun Singkong

Daun pepaya bisa direbus dengan daun singkong agar rasa pahit daun pepaya berkurang. Cukup siapkan air, didihkan, kemudian masukkan daun pepaya dan daun singkong. Rebus sampai empuk. Setelah itu, tiriskan. Kita bisa memisahkan daun pepaya dari daun singkong. Tapi diolah jadi satu pun bisa. Rasa daun singkong dan daun pepaya bisa jadi kombinasi yang lezat untuk olahan tumisan.

 

 

Dengan Daun Jambu

Tumis Daun Pepaya
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Daun jambu juga bisa ditambahkan ke dalam air rebusan untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya. Rebus air sampai mendidih, setelah itu masukkan beberapa lembar daun biji yang sudah diremas bersamaan dengan daun pepaya. Setelah matang, tiriskan lalu pisahkan daun pepaya dari daun jambu biji. Daun pepaya kemudian bisa diolah jadi tumisan atau hidangan yang diinginkan.

Garam kasar juga bisa ditambahkan ke dalam air rebusan untuk menetralkan rasa pahitnya. Setelah daun pepaya ditiriskan, kita bisa memerasnya lalu dipotong-potong untuk diolah lebih lanjut.

Semoga tips di atas bermanfaat, ya. Selamat mencoba!

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓