Ternyata, Ini yang Terjadi pada Tubuh Saat Kamu Menangis

Nabila Mecadinisa16 Okt 2019, 18:00 WIB
Ilustrasi Menangis

Fimela.com, Jakarta Menangis adalah hal yang wajar terjadi. Bahkan ternyata, air mata memiliki tiga tipe perbedan. Pertama air mata berjenis basal, atau yang merupakan air mata yang terjadi secara terus menerus dan berguna untuk menghidrasi mata dan membuat pandangan menjadi lebih jernih. Kedua ada reflex tears, di mana terjadi secara tiba-tiba atau spontan akibat respon terhadap sesuatu. Dan yang terakhir adalah emotional tears, yang merupkan air mata akibat perasan sedih, marah, atau pengalaman lainnya yang dialami.

Tapi selain hal di atas, ternyata menangis juga dapat memberikan berbagai efek pada tubuh. Seperti yang dilansir daru Byrdie.com, simak efek yang terjadi pada tubuh di saat kamu menangis.

1. Menangis dapat membantu melepas hormon stres pada tubuh

Pada level fisik, emotional tears dapat membatu tubuh menjadi lebih santai dan tenang. Di saat menangis, emosi yang ditimbulkan akan bervariasi, hal ini juga mampu melepaskan hormon stres pada tubuh sehingga tubuh kan merasa lebih tenang sesudahnya.

2. Menangis membantu emosi dan proses pemulihan

Kita menangis di saat merasa sedih dan marah. Hal tersebut terjadi akibat tubuh memproses hal yang terjadi pada kita. Emosi yang terus bertambah dan menjadi intens akan menyebabkan kita menangis. Namun, setelah tertuang lewat air mata, biasanya hal tersebut menjdi proses detoksifikasi yang mmapu membuat kita menjadi pulih dan kuat. 

Yang terjadi pada tubuh saat menangis

menangis
ilustrasi menangis/copyright by Shutterstock

3. Menangis merilis hormon endorphin pada tubuh

Pada saat yang sama ketika hormon stres dikeluarkan dari tubuh, maka hormon positif akan dilepaskan di dalamnya. Ini termasuk oksitosin, juga dikenal sebagai hormon cinta, yang membantu kita merasa terhubung dengan orang lain. Bahkan dikatakan pula bahwa air mata memiliki leuenkephalin tingkat tinggi yang dapat membantu melepas hormon endhorpin pada tubuh.

4. Menangis dapat mempererat hubungan dengan sesama

Menangis mampu mempererat hubunganmu dengan sesama. Hal ini karena biasanya menangis kan membuat seseorang terkoneksi dan membuat keduanya semakin dekat dan erat, serta menimbulkan perasaan empati serta simpati yang semakin tinggi.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓