Merasa Kesepian di Tengah Keramaian, Kenali 4 Kemungkinan Penyebabnya

Endah Wijayanti15 Okt 2019, 13:15 WIB
kesepian di keramaian

ringkasan

  • Membutuhkan Kedekatan
  • Membutuhkan Hubungan yang Lebih Berkualitas
  • Terlalu Sibuk Menggunakan Media Sosial
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Pernah merasa bingung sendiri kenapa merasa kesepian di tengah keramaian? Di antara kita mungkin ada yang pernah merasakan hal tersebut, bahkan mungkin ada yang sedang merasakannya saat ini. Kesepian merupakan sebuah bentuk emosi nyata dalam diri. Maka, pahami bahwa saat kita merasa kesepian, sesungguhnya kita tak sendiri sebab dalam sebuah penelitian tahun 2014, dikutip dari bustle.com, yang diliris dari Relate menyebutkan bahwa satu dari 10 orang merasa tak punya teman dekat, yang jika jumlahnya ditotal bisa mencapai 4,7 juta orang mengalami kesepian.

Kesepian bisa memberi dampak negatif pada kondisi kesehatan mental dan fisik kita. Seseorang yang mengalami kesepian kronis bisa berisiko tinggi mengalami penyakit jantung, menurunnya sistem kekebalan tubuh, dan terganggunya pola tidur. Penyebab munculnya perasaan kesepian bisa berbeda-beda pada setiap orang, empat di antaranya yang paling umum adalah sebagai berikut.

1. Membutuhkan Kedekatan

Dalam hubungan, kurangnya elemen kedekatan bisa membuat kita merasa terisolasi atau terkucilkan. Hal ini kemudian bisa membuat kita merasa ditinggalkan dan dijauhi. Sekalipun kita dikelilingi oleh banyak orang, tapi jika tak ada kedekatan yang bisa dirasakan maka perasaan kesepian akan semakin menguat.

2. Membutuhkan Hubungan yang Lebih Berkualitas

Dalam hubungan asmara dan persahabatan, kualitas waktu dan energi yang dicurahkan lebih penting daripada sekadar jumlah atau angka banyaknya orang yang kita kenal. Sebagai contoh, kita punya banyak teman tapi tak pernah benar-benar meluangkan waktu untuk melakukan sesuatu yang bermakna dan berkualitas. Dari situasi tersebut bisa muncul peraasan kesepian.

 

 

3. Tidak Berani Membuka Diri

patah hati
ilustrasi./Photo by Anthony Tran on Unsplash

Ada rasa takut untuk membiarkan orang lain mengenal kita. Kita pun kemudian memasang semacam pagar yang membentengi diri kita. Hal ini yang kadang membuat kita merasa tersisihkan karena kita sendiri lah yang menutup diri. Mungkin ada trauma yang belum hilang dari masa lalu. Ada luka yang masih butuh waktu untuk bisa sembuh. Berinteraksi dan saling terhubung dengan orang lain menjadi hal yang masih sulit untuk dilakukan.

4. Terlalu Sibuk Menggunakan Media Sosial

Terlalu sibuk membandingkan diri dengan kehidupan orang lain di media sosial. Merasa inferior karena selalu menganggap hidup orang lain selalu lebih baik dari hidup kita. Kondisi seperti ini bisa membuat kita merasa makin terkucilkan. Merasa kesepian dan seorang diri dalam menjalani hidup, meski sebenarnya masih ada orang-orang baik yang ingin membersamai kita.

Apakah Sahabat Fimela saat ini masih sering merasa kesepian di tengah keramaian? Terima dan berdamailan dengan perasaan tersebut, lalu lakukan sesuatu untuk membuat keadaan lebih baik ke depannya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓