4 Alasan Perselingkuhan Tak Pernah Bisa Dibenarkan

Endah Wijayanti20 Okt 2019, 12:11 WIB
Selingkuh

Fimela.com, Jakarta Dalam hubungan pacaran hingga pernikahan, perselingkuhan adalah luka. Tak bisa dengan mudah begitu saja dibenarkan atau dicari-cari alasan pembenarannya. Efek dan dampak yang terjadi dalam sebuah hubungan yang ternodai perselingkuhan bisa sanagat buruk.

Sebelum terlambat, sebaiknya jangan pernah nekat untuk selingkuh. Bagi yang merasa ingin memberikan seluruh hatinya pada selingkuhannya, sebaiknya dipikirkan lagi dengan matang. Perselingkuhan tak bisa dibenarkan sebab dampak negatifnya bisa sangat besar.

1. Menghilangkan Rasa Saling Percaya

Perselingkuhan tak ubahnya pengkhianatan. Sekali kita dikhianati, sulit untuk bisa kembali menjaga komitmen dan rasa saling percaya yang ada. Hanya ada rasa saling curiga dan tak lagi ada rasa percaya. Komunikasi pun jadi semakin buruk karena seakan sudah ada tembok penghalang yang menghambat kedekatan.

2. Makin Sering Saling Menyalahkan

Ketika muncul konflik atau masalah baru, maka ada kemungkinan untuk saling menyalahkan. Hal ini juga berkaitan dengan lunturnya rasa saling percaya. Sehingga, apa pun penjelasan yang diutarakan pada akhirnya akan dianggap sebagai pembelaan diri dan pembenaran semata.

 

 

3. Melukai Orang-Orang Terdekat Lainnya

Perselingkuhan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Ada keluarga atau sahabat yang selama ini selalu mendoakan yang terbaik untuk hubungan kita. Tapi ketika kita berselingkuh pada pasangan kita, kita pun mungkin akan melukai orang-orang terdekat lainnya yang tadinya sudah mendoakan yang terbaik untuk hubungan kita. Apalagi bila perselingkuhan terjadi dalam pernikahan, keluarga dari kedua belah pihak bisa sama-sama terluka.

4. Memicu Munculnya Masalah-Masalah yang Lebih Serius

Sekalipun sebuah perselingkuhan akhirnya terungkap dan mencoba untuk berdamai, ada luka yang kadang butuh waktu lama untuk disembuhkan. Kondisi seperti ini bisa memicu masalah-masalah yang lebih serius. Masalah kecil bisa makin besar saat topik tentang perselingkuhan kembali diungkit. Bahkan komitmen yang sudah bertahun-tahun dibangun bisa hancur dan berakhir dengan perpisahan yang kurang baik.

Semoga dengan pasangan kita saat ini bisa tetap saling setia. Menjaga kepercayaan dan komitmen yang ada dengan sebaik mungkin. Sekalipun muncul masalah-masalah baru dalam hubungan, semoga selalu bisa dicari jalan tengahnya dan diselesaikan dengan kepala dingin.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓