Sukses

Lifestyle

Studi Membuktikan, Stres Finansial Membuat Fisik dan Mental Cepat Tua!

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tidak khawatir ketika kondisi ekonomi atau finansial diri sendiri tidak stabil? Setiap orang mencari pekerjaan agar bisa mendapatkan uang sehingga bisa menghidupi diri sendiri, dan mungkin juga keluarga. Namun ada kalanya orang mengalami kesulitan finansial sehingga mengalami cemas berkepanjangan.

Meski tampak wajar, namun tak banyak yang tahu bahwa kecemasan berkepanjangan ini akan menimbulkan stres yang ternyata berakibat pada penuaan dini. Sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam European Journal of Aging menemukan bahwa kecemasan finansial yang parah memiliki efek samping serius, yaitu penuaan yang lebih cepat baik secara fisik maupun mental.

 

Masalah Keuangan Membuat Tubuh Cepat Tua

Penelitian menyebutkan bahwa individu yang menghabiskan setidaknya empat tahun melalui kesulitan ekonomi menunjukkan tanda-tanda penuaan yang lebih cepat dibandingkan dengan rekan-rekannya yang memiliki kondisi ekonomi/finansial yang stabil.

Tanda-tanda penuaan yang bisa dilihat yaitu menurunnya fungsi kognitif seperti mudah lupa dan tidak dapat berpikir cepat, dan peningkatan inflamasi di dalam tubuh sehingga tubuh rentan sakit. Sedangkan stres sendiri mengarah pada berkembangnya depresi dan menurunnya motivasi hidup.

Itulah alasan mengapa beberapa orang yang kesulitan finansial, memiliki wajah yang tampak lebih tua. Jadi, jangan anggap sepele masalah finansial atau keuangan karena stres terkait hal ini bisa membuatmu mengalami penuaan dini, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading