Selesai Dipanggang, Keik Bisa Didinginkan di Kulkas tapi Perhatikan 4 Hal Ini

Endah Wijayanti15 Okt 2019, 15:35 WIB
mendinginkan keik

ringkasan

  • Keik yang Masih Panas Jangan Langsung Dimasukkan ke Kulkas
  • Keik Bisa Dimasukkan dengan Loyangnya
  • Keik Keju Perlu Waktu Lebih Lama untuk Pendinginan
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Keik yang baru selesai dipanggang perlu didinginkan. Salah satu cara termudah untuk mendinginkan keik adalah dengan mendinginkannya di kulkas. Hanya saja ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.

Supaya tekstur keik tetap terjaga dengan baik, mendinginkannya di kulkas harus mengikuti beberapa hal penting berikut ini. Selengkapnya, langsung simak di sini ya.

1. Keik yang Masih Panas Jangan Langsung Dimasukkan ke Kulkas

Keik yang baru matang atau selesai dipanggang, jangan langsung dimasukkan ke kulkas. Dilansir dari id.wikihow.com, keik perlu didiamkan sekitar 5-10 menit tergantung dari jenis keiknya. Usahkan keik didinginkan di suhu ruangan terlebih dahulu sampai uap panasnya benar-benar hilang.

2. Keik Bisa Dimasukkan dengan Loyangnya

Supaya tekstur keik tidak kering, kita bisa mendinginkan keik tanpa mengeluarkannya dari loyangnya. Simpan keik bersamaan dengan loyangnya ke dalam kulkas. Namun, untuk keik jenis pound sebaiknya dikeluarkan dari loyangnya terlebih dahulu karena jika tidak dilepaskan lebih dahulu akan membuatnya makin sulit dilepaskan dari loyang. Untuk jenis keik sponge, kita bisa menyimpannya dalam posisi terbalik dan topang bagian bawahnya dengan sesuatu untuk mencegah tekstur keik supaya tidak kempes.

 

 

3. Bungkus Keik dengan Plastik

kepribadian
ilustrasi sponge cake/Photo by Karly Gomez on Unsplash

Untuk menjaga kelembapan keik, kita bisa menutup loyang atau keiknya dengan plastic wrap. Dengan cara ini tekstur keik bisa tetap lembut. Tapi untuk keik yang didinginkan dengan posisi terbalik, tak perlu dibungkus dengan plastic wrap.

4. Keik Keju Perlu Waktu Lebih Lama untuk Pendinginan

Proses pendinginan keik umumnya sekitar satu hingga dua jam. Untuk keik keju, lama pendinginan bisa lebih lama, bisa sampai empat jam. Karena teksturnya yang lebih creamu dan berlemak maka proses pendinginannya bisa lebih lama dari jenis keik yang lainnya.

Keik yang sudah dingin bisa kita hias atau dinikmati langsung. Keik dingin memang memberi sensasi berbeda ketika digigit. Semoga info ini bisa memudahkanmu dalam mendinginkan keik favorit buatanmu sendiri.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓