Kenapa Muncul Perasaan Sedih setelah Bercinta?

Endah Wijayanti16 Okt 2019, 19:15 WIB
setelah berhubungan intim

Fimela.com, Jakarta Pernah mendadak merasa sedih setelah berhubungan intim? Mungkin rasanya aneh tiba-tiba merasa sedih atau bad mood setelah bercinta yang sebenarnya luar biasa. Namun, tenang saja kamu tidak sendirian merasakan pengalaman ini.

Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, menurut sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan di Journal of Sex & Marital Therapy, ada istilah yang disebut postcoital dysphoria yang dapat dialami setelah selesai berhubungan intim. Dalam penelitian terebut, sekitar 46 persen perempuan mengalami perasaan sedih atau bahkan kesal setidaknya sekali dalam hidupnya.

Menurut International Society for Sexual Medicine, postcoital dysphoria atau post-sex blues mengarah pada perasaan marah yang dalam atua kesal setelah berhubungan intim. Yang menarik lagi seseorang yang mendapatkan hubungan intim yang memuaskan pun bisa mengalami kondisi ini. Pada sebagian perempuan, kondisi tersebut bahkan bisa membuatnya menangis setelah berhubungan intim.

 

 

Kurangnya Kedekatan Emosional dan Pengaruh Hormon

sulit orgasme
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Belum adanya kedekatan secara emosional dengan pasangan bisa jadi salah satu penyebab munculnya perasaan sedih setelah bercinta. Masih belum merasa benar-benar nyaman menjalin keintiman dengan pasangan juga bisa jadi penyebabnya. Selain itu, kesiapan mental juga bisa jadi faktor penyebabnya. Bila kita melakukan hubungan intim di saat belum benar-benar siap secara mental, ada kemungkinan kita akan merasa sedih setelah selesai berhubungan intim.

Kondisi hormon juga bisa memengaruhi kondisi kita. Saat bercinta, otak akan melepas dopamin yang bisa membuat kita mengalami semacam perasaan rapuh. Sebenarnya tak hanya perempuan saja yang bisa mengalami kondisi ini. Pria pun bisa mengalami perasaan sedih setelah berhubungan intim.

Jika kita tiba-tiba merasa sedih usai berhubungan intim, tak perlu langsung panik. Tenangkan diri terlebih dahulu lalu cari tahu penyebabnya. Sehingga dengan begitu kita bisa mencari jawaban dan jalan keluar yang tepat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓