Bertahan pada Pekerjaan yang Penuh Tekanan, Ini 4 Dampaknya pada Tubuhmu

Endah Wijayanti17 Okt 2019, 07:15 WIB
stres bekerja

Fimela.com, Jakarta Kita pasti pernah mengalami hari-hari buruk dalam pekerjaan kita. Atasan yang banyak maunya, pekerjaan yang tak pernah diapresiasi, dan berbagai tekanan lain. Kita benar-benar dibuat stres. Bahkan, rasanya kita selalu tertekan dalam menjalani rutinitas pekerjaan yang ada.

Bertahan pada pekerjaan yang penuh tekanan dan lingkungan yang toxic bisa berdampak buruk pada kesehatan kita. Bila kita tak segera mengambil jeda dan terus memaksakan diri bertahan pada pekerjaan yang selalu membuat stres, tubuh kita bisa mengalami sejumlah gangguan seperti berikut ini.

1. Sakit pada Kepala dan Leher

Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, saat kita mengalami banyak kecemasan dan stres, maka tubuh otomatis akan tegang. Hal ini akan berdampak pada kepala dan leher yang terus menerus terasa sakit. Tekanan intens yang kita rasakan bisa membuat kepala dan leher terasa sakit.

2. Kekebalan Tubuh Menurun

Sistem kekebalan tubuh akan menurun dan melemah saat kita bekerja di lingkungan yang penuh tekanan. Bekerja di tempat yang tak pernah membuat kita bahagia hanya akan membuat ktia jadi gampang jatuh sakit. Stres kronis juga bisa membuat tubuh rentan terhadap perubahan musim dan alergi.

 

 

3. Haid yang Tidak Teratur

nyeri haid
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Sistem reproduksi perempuan bisa sangat dipengaruhi oleh kadar stres karena bisa memengaruhi perubahan hormon dalam tubuh. Lingkungan yang penuh tekanan bisa membuat perempuan mengalami haid yang tidak teratur atau haid yang terlambat. Stres memang bisa jadi salah satu penyebab utama haid yang tak teratur pada perempuan.

4. Kelelahan Mental

Setiap hari melakukan pekerjaan yang sebenarnya dibenci dan memberi banyak tekanan, dampaknya bisa sangat terasa pada kondisi mental kita. Kita akan sering dihantui rasa cemas dan tidak tenang. Kondisi mental jadi kurang stabil.

Jika kita mengalami kondisi atau gejala-gejala yang disebutkan di atas, ada baiknya untuk mengambil jeda sejenak dan menganalisis situasi yang ada. Mungkin ada pertimbangan untuk keluar dari pekerjaan atau ganti pekerjaan yang lebih baik. Semoga pekerjaan yang ditekuni sekarang bisa memberi kebahagiaan dan kesejahteraan dalam hidupmu, ya.

 

#GrowFearles with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓