Terlalu Sering Main Media Sosial Bisa Turunkan Kecerdasan, Menurut Studi

Febi Anindya Kirana16 Okt 2019, 15:15 WIB
media sosial

Fimela.com, Jakarta Orang mungkin sudah menganggap biasa media sosial, bahkan hampir setiap orang generasi masa kini memiliki paling tidak satu akun media sosal. Namun tak banyak yang sadar bahwa ternyata ternggelam dalam kehidupan media sosial ternyata bisa menurunkan kecerdasan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Social Science Computer Review menunjukkan bahwa terlalu lama berurusan dengan media sosial akan menimbulkan perasaan terabaikan dan kesepian yang juga memicu penurunan kemampuan berpikir rasional.

 

 

 

Media Sosial Menurunkan Kecerdasan

sosial media
ilustrasi media sosial facebook/Photo by Kaboompics .com from Pexels

Penelitian yang dilakukan terhadap 194 orang ini menguji efek media sosial terhadap kehidupan sehari-hari terhadap pikiran manusia. Peneliti menemukan bahwa ada istilah yang disebut "inhibited intelligent thought," kondisi yang membuat mereka lebih rentan berpikiran dangkal dan berprasangka buruk.

Secara psikologis, orang yang merasa tidak cocok dengan apa yang dilihatnya di media sosial akan lebih sering mengembangkan pikiran negatif, baik kepada orang yang dilihat maupun dirinya sendiri. Seperti misalnya melihat foto orang yang selalu liburan, karena tak bisa melakukannya, ia akan cenderung menghujat.

Itulah mengapa orang yang terlalu sering hidup di media sosial seringkali menunjukkan sikap dan pemikiran lebih negatif dibandingkan mereka yang jarang main media sosial. Jadi, jika ingin menyingkirkan racun dalam kehidupan, mulailah dengan mengurangi waktu di media sosial, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓