Lakukan Yoga 30 Menit, Cara Terbaik Mencegah Osteoporosis

Anisha Saktian Putri17 Okt 2019, 19:00 WIB
Ilustrasi yoga

Fimela.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, seseorang tentu berisiko terserang osteoporosis. Penyakit degeneratif ini dapat menurunkan kualitas kepadatan tulang yang mengakibatkan tulang rapuh, lebih sensitif, dan mudah mengalami patah tulang.

Dr. Suci Sutina, Medical Advisor PT Bayer Indonesia mengatakan, bukan hanya saja usia, tapi berat badan yang tidak proporsional (berat badan di bawah normal), kekurangan asupan kalsium (termasuk vegetarian dan penderita intoleransi laktosa), kebiasaan merokok, minum alkohol, minuman kola bersoda dan kopi, gangguan hormonal, penyakit kronik ginjal dan hati, Rendahnya aktivitas fisik, genetika dan riwayat melahirkan dan menyusui menjadi penyebab osteoporosis.

"Kalau kekurangan mineral salah satunya kalsium, mineral dibutuhkan tubuh untuk membuat jantung dan otak bekerja. kalau kurang kalsium, maka ambil sumber dari tulang," paparnya dalam acara LOCK&LOCK Indonesia berkolaborasi dengan CDR, di Jakarta.

Tapi tenang, penyakit ini dapat dicegah sejak dini diantaranya mengurangi kebiasaan merokok serta konsumsi minuman kola bersoda, kopi dan alkohol serta makanan tinggi natrium (misalnya keripik atau makanan yang berpengawet), menjaga berat badan proporsional, mencukupi kebutuhan Kalsium dan vitamin D sehari-hari dan juga secara rutin berolah raga. 

 

Cegah osteoporosis dengan yoga

yoga sebelum tidur
Manfaat yoga sebelum tidur./Copyright shutterstock.com/g/petrunjela

Salah satu olahraga terbaik yang dilakukan untuk pencegahan osteoporosis adalah dengan gerakan yoga.

Astrid Amalia, Instruktur Yoga dan juga penulis buku “Tetap Sehat Dengan Yoga” mengungkapkan, gerakan – gerakan  yoga dapat menguatkan tulang dan otot dengan cara yang sangat aman bagi siapa pun, baik untuk pencegahan ataupun yang sudah terkena osteoporosis.

"Yoga dapat meningkatkan keseimbangan tubuh sehingga tubuh menjadi kuat dan tidak mudah goyah," papar Astrid

Ia menambahkan, Cukup dengan 30 menit melakukan gerakan–gerakan yoga yang mudah kita sudah mencegah bisa osteoporosis. Tidak perlu menggunakan matras, simple menggunakan kursi kita bisa melakukan di manapun seperti di kantor, di rumah, atau tempat biasa kita beraktifitas tanpa repot membawa matras.

Kampanye, ‘Cegah Osteoporosis Sejak Dini Dengan Yoga’ merupakan kolaborasi LOCK&LOCK dan Bayer. Artini Asputri, Public Relations LOCK&LOCK Indonesia mengatakan kegiatan ini sebagai salah satu wujud kepedulian kita dengan memberikan awareness kepada masyarakat pentingnya mencegah osteoporosis sejak dini melalui gerakan yoga.

"Kampanye ‘Cegah Osteoporosis Sejak Dini Dengan Yoga’ maupun dengan dirilisnya botol minum eksklusif dengan CDR, dan spesial hanya bisa didapatka di Shopee dengan harga Rp140.000," tutupnya.

#growfearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓