Tips Membuat Sate Daging Sapi yang Empuk

Endah Wijayanti18 Okt 2019, 07:15 WIB
sate sapi

Fimela.com, Jakarta Daging sapi bisa diolah jadi sate yang lezat. Cuma memang permasalahannya adalah daging sapi bisa terasa alot bila diolah jadi sate. Ada tahapan penting yang perlu dilakukan bila akan membuat sate daging sapi yang empuk.

Pemilihan daging yang tepat juga perlu diperhatikan. Ada bumbu yang perlu kita buat juga untuk memastikan sate daging sapinya lezat. Selengkapnya, langsung simak keterangannya di sini.

Gunakan Daging Sapi Bagian Has Dalam

Daging sapi bagian has dalam bisa sangat cocok untuk diolah jadi sate. Daging sapi bagian has luar juga bisa dipilih. Selain itu, daging lamusir depan yang sering dipilih untuk steak juga cocok dijadikan sate.

Daging Dipotong Melintang Serat

Perhatikan ukuran dan ketebalan daging sapi yang akan dipakai untuk sate. Untuk sate, kita bisa memotong daging sapi melintang serat dengan ketebalan sekitar 1/2 cm. Tak perlu terlalu besar atau tebal supaya nanti hasilnya ceapt empuk saat dipanggang atau dibakar.

 

 

Daging Direndam dalam Bumbu

Ilustrasi
Ilustrasi daging sapi. (dok. pixabay.com/PDPhotos)

Kita bisa membuat bumbu rendaman untuk menghasilkan sate daging sapi yang lezat. Untuk 500 gram daging sapi, kita bisa membuat bumbu rendaman yang terdiri dari 8 siung bawang putih, 9 siung bawang merah, 1/2 sdt ketumbar, merica, gula merah, 3 sdm air asam jawa, 1 ruas jari laos, 1 ruas jari jahe, garam, dan kecap. Semua bahan bumbu dihaluskan lalu digunakan untuk merendam daging sapi selama sekitar 30 menit atau satu jam. Baru setelah itu, daging bisa ditusuk dengan tusuk sate. Nantinya, bumbu sisa rendaman bisa digunakan sebagai olesan ketika daging sapi dibakar atau dipanggang.

Pastikan alat pemanggang sudah diolesi dengan sedikit minyak atau mentega agar sate daging tidak lengket. Panggang sate sambil sesekali dibalik supaya matangnya merata.

Semoga tipsnya bermanfaat, ya. Selamat memasak!

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓