4 Alasan Bagus untuk Membiarkan Anak Gagal

Annissa Wulan18 Okt 2019, 10:30 WIB
Mengasuh anak

Fimela.com, Jakarta Benar bahwa tidak ada orangtua yang ingin melihat anak mereka gagal dan merasa sakit. Faktanya, anak harus diberi pemahaman bahwa mereka memiliki sumber dukungan tidak terbatas pada orangtua, yang akan mencintai dan menerima mereka, tidak peduli seberapa buruknya kegagalan mereka.

Hal yang justru tidak dibutuhkan anak adalah orangtua yang mengacaukan dukungan tanpa syarat ini dengan alasan ingin melindungi anak dari kegagalan. Pada akhirnya, kamu hanya akan merugikan anak.

Dilansir dari sheknows.com, Jumat (18/10/2019), berikut ini adalah beberapa alasan sangat bagus untuk membiarkan anak gagal. Penasaran?

1. Mengajarkan anak bahwa kegagalan bukan sesuatu yang harus ditakuti

Anak yang dibiarkan mengalami kegagalan akan melihat kegagalan tersebut sebagai bagian tak terhindarkan dari kehidupan. Sebaliknya, kegagalan dapat dipahami sebagai peluang untuk belajar sesuatu yang lebih baik di masa mendatang.

2. Anak akan belajar merasakan kepemilikan diri mereka sebagai individu

Anak yang dibiarkan untuk mengejar tujuan mereka sendiri akan jauh lebih mungkin memenuhi tujuan tersebut dengan kegiatan jangka panjang.

 

3. Anak akan merasa dicintai apapun yang terjadi

orangtua
ilustrasi ibu anak/Photo by Zun Zun from Pexels

Biarkan anak gagal dan tunjukkan rasa cinta agar mereka bangkit dari kegagalan tersebut. Cara ini akan mengajarkan pada anak tetang diri mereka yang cukup, di luar dari apa yang berhasil mereka raih.

4. Mengembangkan sikap yang lebih sehat untuk melihat kegagalan mereka sendiri

Membiarkan anak gagal akan membantu kamu sebagai orangtua untuk mendekati dan mendiskusikan hal-hal yang sebenarnya juga menjadi ketakutanmu. Kegagalan seharusnya menjadi cara bagi anak untuk mempelajari hal-hal baru.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓