5 Jenis Tepung yang Berfungsi Mengentalkan Saus dan Kuah Masakan

Febi Anindya Kirana18 Okt 2019, 10:16 WIB
tepung

Fimela.com, Jakarta Jika rajin masak, mungkin Sahabat Fimela akan menyadari bahwa seringkali makanan harus diberi tepung maizena yang dilarutkan dengan air untuk mengentalkan kuah seperti pada capjay atau fuyunghay.

Ternyata peran tepung ini sangat penting dan tak bisa diabaikan. Ini sekian tepung yang bisa digunakan untuk mengentalkan makanan.

1. Tepung Maizena

Tepung maizena atau tepung jagung adalah yang paing sering digunakan untuk mengentalkan saus dan kuah makanan. Karena sifatnya yang kenyal jika sudah matang, jika digunakan dalam jumlah yang tepat bisa mengentalkan cairan pada makanan.

2. Tepung Tapioka

Sering disebut juga dengan kanji, tepung tapioka terbuat dari singkong. Dibanding maizena, tapioka lebih padat dan lengket bahkan elastis jika dimasak. Larutkan tepung tapioka sedikit saja dengan air dengan cepat karena biasanya susah dilarutkan dalam air dingin.

 

3. Tepung Sagu

Capcay Kuah
Capcay kuah. (Foto: Mangcook.com)

Punya karakter hampir mirip dengan tapioka, tepung sagu juga bisa digunakan sedikit saja untuk pengental kuah atau saus. Jika biasanya menggunakan 1 sdm untuk maizena, cukup setengah saja untuk tepung sagu maupun tapioka.

4. Tepung Terigu

Jika adanya tepung terigu, bisa juga digunakan untuk mengentalkan. Pilih tepung terigu serbaguna yang merupakn campurran tepung terigu protein tinggi dan rendah. Namun penggunaannya lebih banyak, jika maizena 1 sdm, gunakan tepung terigu 2 sdm.

5. Tepung Kentang

Memang tidak seumum tepung lainnya, namun jika kebetulan punya tepung kentang, tepung ini juga bisa berfungsi mengentalkan makanan. Penggunaannya sama seperti tepung maizena yang harus dilarutkan air lebih dulu.

Nah, itu dia sekian tepung yang bisa digunakan untuk mengentalkan makanan seperti kuah dan saus.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓