4 Tips Membuat Kaldu Teri ala Korea yang Sedap dan Tidak Amis

Endah Wijayanti18 Okt 2019, 13:44 WIB
kaldu teri

Fimela.com, Jakarta Ingin membuat kaldu yang berbeda dari biasanya? Coba bikin kaldu teri ala Korea. Sebagian di antara kita mungkin kurang familier dengan kaldu teri. Belum lagi dengan kekhawatiran kaldu teri yang mungkin akan berbau amis.

Untuk membuat kaldu teri ala Korea yang sedap, ada sejumlah tips yang perlu kita perhatikan. Selengkapnya, langsung saja simak keterangannya di sini, ya.

1. Buang Isi Perut Teri

Teri yang digunakan adalah teri kering. Buang isi perut dan kotorannya agar nanti kaldu yang dihasilkan tidak pahit. Terlebih untuk teri yang berukuran besar, isi perutnya perlu dibuang. Jika khawatir dengan bau amisnya, ikan teri bisa disangrai sebentar di wajan anti lengket selama beberapa menit. Dengan tekstur yang lebih kering, bau amisnya bisa berkurang.

2. Teri Direndam Air Selama 20 Menit

Selain teri, kita perlu menggunakan dashima atau rumput laut kering untuk membuat kaldu yang sedap. Ikan teri dan dashima perlu direndam terlebih dahulu selama sekitar 20 menit sebelum diolah jadi kaldu. Kaldu teri bisa ditambah bahan-bahan lain seperti bawang putih, jamur, dan bawang bombay untuk menghasilkan kaldu yang lebih gurih.

 

 

3. Panci Tak Perlu Ditutup saat Kaldu Dimasak

tips kaldu bening
Ilustrasi kaldu./Copyright shutterstock.com/g/Mizina

Supaya aroma amisnya keluar, dikutip dari koreanbapsang.com, dalam proses pembuatan kuah, tutup panci perlu dibuka. Panci tak perlu ditutup supaya nanti hasil kaldunya lebih sedap dan tidak terlalu bau amis.

4. Proses Merebus Tak Perlu Terlalu Lama

Untuk membuat kaldu teri, proses perebusannya tak perlu terlalu lama. Jika direbus terlalu lama, nanti rasa sedap kaldu akan berkurang bahkan akan menjadi tidak enak. Selain itu, dashima bila direbus terlalu lama akan mengeluarkan lendir yang malah akan membuat kaldu kotor. Setelah mendidih, kecilkan api lalu masak selama sekitar sepuluh menit. Setelah itu, kaldu disaring lalu bisa digunakan.

Tertarik untuk segera mencoba membuat kaldu teri sendiri di rumah? Semoga tips-tips di atas bermanfaat, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓