Makan Cake Cokelat Sebagai Sarapan Itu Sehat, Ini Alasannya

Febi Anindya Kirana19 Okt 2019, 10:18 WIB
kue cokelat

Fimela.com, Jakarta Umumnya orang akan memilih telur, nasi, buah dan sayur jika ingin sarapan yang sehat. Tak banyak orang yang memilih makan kue cokelat di pagi hari sebagai sarapan karena menganggap kue ini terlalu manis dan tak sehat untuk sarapan. Padahal, penelitian menunjukkan sebaliknya.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Tel Aviv University menemukan bahwa makan kue cokelat dengan kandungan protein dan karbohidrat kurang lebih 600 kalori sebagai sarapan sebenarnya mampu menurunkan berat badan pada orang yang melakukan diet.

Peneliti melakukan uji coba pada 193 orang dewasa tanpa diabetes dan membaginya menjadi dua kelompok. Kelompok pertama fokus sarapan dengan makanan rendah karbohidrat sebesar 300 kalori, dan kelompok kedua sarapan dengan makanan tinggi karbohidrat dan protein sebesar 600 kalori.

 

Sarapan Kue Cokelat Bantu Turunkan Berat Badan

loyang kue
ilustrasi kue dalam loyang/Photo by Onur from Pexels

Hasilnya, mereka yang sarapan makanan manis justru tidak menunjukkan keinginan ngemil manis berlebihan setelah sarapan.

Diungkapkan peneliti, Prof. Daniela Jakubowicz, bahwa mencoba menghindari makanan manis sama sekali di pagi hari justru menciptakan kecanduan psikologis terhadap makanan manis secara jangka panjang. Orang akan cenderung mengalami food craving atau ngidam makan manis sepanjang hari.

Pagi hari merupakan waktu metabolism bekerja paling aktif dan waktu terbaik memberi asupan makanan yang mudah dicerna untuk usus, dan kue cokelat bisa jadi pilihan yang baik. Jadi, jika ingin sarapan kue cokelat mulai sekarang, sepertinya tak masalah, asal dibatasi porsinya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓