Melihat Lebih Dekat Produksi Tepung Terigu dengan Teknologi Modern

Meita Fajriana18 Okt 2019, 19:30 WIB
Tepung Terigu

Fimela.com, Jakarta Tepung terigu merupakan salah satu bahan untuk mengolah makanan, mulai dari makanan utama hingga roti sebagai camilan. Namun pernahkan kamu melihat bagaimana proses pembuatan tepung terigu. Kamu bisa melihat dari proses produksi di pabrik terbaru PT Bungasari Flour Mills Indonesia.

Perusahaan terigu di Indonesia ini baru saja menggelar acara peresmian produksi pertama pabrik tahap kedua di Cilegon, Banten. Pabrik tepung terigu di atas lahan seluas 11 hektare ini memiliki fasilitas paling modern di Indonesia, dengan mengadopsi sistem pengolahan gandum yang canggih dan telah beroperasi di Cilegon sejak Agustus 2014.

"Sejak kali pertama didirikan pada tahun 2012, komitmen kami tetap konsisten, satu di antaranya adalah terus mengembangkan kapasitas pabrik dalam rangka memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat. Kini, pabrik tahap pertama tersebut telah mencapai utilisasinya yang maksimal," kata Budianto Wijaya Presiden Director PT Bungasari Flour Mills Indonesia.

Pabrik ini dibangun dengan 43 juta dolar AS bertujuan untuk mewujudkan visi menjadi produsen terigu terkemuka di Indonesia. Semakin canggih sebuah pabrik tentu akan menghasilkan produk tepung terigu yang berkualitas, hingga sampai ke dapur masyarakat Indonesia.

 

Mesin dengan teknologi modern

Tepung Terigu
Tepung Terigu. (Foto: Dok. Bungsari)

Tidak hanya itu, pabrik memberikan peningkatan kapasitas penyimpanan gandum. Sebelumnya, pabrik tersebut mempunyai kapasitas penyimpanan gandum sebesar 79.000 MT, yang kemudian ditingkatkan menjadi 140.000 MT. Hal ini tentunya juga akan membuat pasokan tepung terigu di pasar selalu mencukupi.

Di sisi lain, Bungasari juga menambahkan proses pengolahan gandum dengan instalasi Roller Mill model teranyar. Mesin yang digunakan mengacu pada konsep desain terbaru dengan tingkat akurasi tinggi, sehingga menghasilkan tepung terigu berkualitas terbaik. Selain itu, Roller Mill ini juga dilengkapi dengan proses pembersihan dan sanitasi yang sangat mudah.

 

Produk tepung terigu

Tepung Terigu
Tepung Terigu. (Foto: Dok. Bungsari)

Dengan lokasi pabrik strategis, yakni di antara dua koridor kawasan utama Indonesia, tentunya sangat menunjang pendistribusian produk-produk yang diproduksi Bungasari. Aplikasi Direct Loading System digunakan untuk mempercepat pengiriman, menekan kontaminasi serangga saat transfer produk, serta meningkatkan efisiensi sumber daya.

Pada kesempatan yang sama, Bungasari juga memperkenalkan rangkaian produk premix terbarunya, yakni Golden Eagle Donut Mix, Golden Eagle Multi Grain, Hana Chiffon, Hana Sponge Cake, dan Hana Swiss Roll Cake. Dengan lima produk baru ini, Bungasari memperluas ragam produknya di pasar tanah Air, tidak hanya tepung terigu tetapi premix untuk olahan industri makanan, food service, dan bakery.

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓