Bukan Cuma Boros, Hindari 3 Kebiasaan yang Membuat Keuangan Milenial Memburuk

Karla Farhana21 Okt 2019, 09:30 WIB
[Fimela] Menabung

Fimela.com, Jakarta Sering dibandingkan dengan generasi X, milenial dianggap lebih mementingkan investasi berupa pengalaman, bukan dalam bidang keuangan untuk masa depan. Karena itulah, milenial lebih memilih untuk traveling dan mendapatkan berbagai pengalaman hidup dibandingkan menggunakan uangnya untuk membeli rumah besar. 

CNBC melaporkan, milenial di Amerika Serikat cenderung menghabiskan uangnya untuk gaya hidup. Bukan cuma sekadar untuk nongkrong, tetapi mereka juga kerap menggunakan uang untuk membeli produk organik yang jauh lebih mahal dari produk sayuran dan buah-buahan biasa. 

Spend habbits atau kebiasaan mengeluarkan uang yang jauh berbeda dengan generasi X yang katanya super hemat ini kemudian membuat generasi milenial mayoritas kesulitan memiliki keuangan yang sehat. Kira-kira, apa penyebab lainnya?

 

Kartu Kredit

[Fimela] Menabung
Ilustrasi menabung | unsplash.com/@dhelentjaris

Semua orang tahu, kartu kredit tidak hanya identik dengan milenial, tetapi juga generasi sebelumnya. Namun, CNBC menulis, milenial cenderung menggunakan kartu kreedit lebih sering. 

Perbedaan lainnya adalah, milenial cenderung menggunakan kartu kredit untuk membayar keperluan tersier. Padahal, kartu kredit sebaiknya digunakan sebagai alat mempermudah pembayaran, bukan solusi dari kekurangan uang untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. 

Tidak Ada Uang Jaga-jaga

[Fimela] Ilustrasi Menabung
Ilustrasi Menabung dan Investasi | unsplash.com/@blankerwahnsinn

Milenial juga biasanya hanya memiliki satu akun tabungan. Satu tabungan lainnya untuk biaya sehari-hari. Hal ini memang lebih baik dari hanya memiliki satu akun penyimpanan uang. Namun, milenial banyak yang lupa untuk membuat satu akun penyimpanan uang satu lagi yang berguna sebagai uang jaga-jaga. 

Uang jaga-jaga ini akan berguna ketika ada keperluan mendadak. Misalnya membetulkan mobil yang rusak, biaya rumah sakit, atau jugabisa digunakan untuk membantu kerabat dan teman dalam keadaan terdesak. Sehingga, ketika ada suatu insiden, kamu tidak perlu menggunakan kartu kredit dan berutang. 

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓