Fimela Fest 2019: Selain Kamera Canggih, Ketahui Hal Penting untuk Menjadi Food Photographer Profesional

Karla Farhana21 Okt 2019, 10:00 WIB
[Fimela] Makanan

Fimela.com, Jakarta Food photography memang sudah lama menjadi sebuah tren di dunia fotografi, setelah fotografi lanskap. Seiring dengan semakin banyak peminatnya, bisnis di bidang ini pun naik daun. Bukan cuma para fotografer profesional, tetapi para pehobi pun yang hanya sekadar ingin membagikan foto-foto makanan cantik di Instagram turut terjun ke dunia ini. 

Tak butuh alat dan kamera canggih ala fotografer handal, kamu yang ingin menggeluti hobi ini juga bisa menggunakan kamera ponsel, lho. Ada beberapa teori, skill, dan hal-hal penting yang harus kamu kuasai untuk bisa memotret makanan dan minuman yang menggugah rasa lapar bagi siapa pun yang melihatnya di Instagram. 

Cahaya Natural

Lampu kadang dibutuhkan dalam dunia fotografi. Namun, harganya tidak murah. Apa lagi yang sekelas profesional. Kalau kamu masih pemula, sebaiknya tidak perlu memaksakan untuk membeli lampu dengan harga yang tinggi. Kamu bisa memanfaatkan cahaya natural dari matahari. Jadi, pastikan kamu memotret di ruang yang terang, atau dekat dengan jendela. 

 

Komposisi

Ilustrasi Makan Pedas
Ilustrasi makan pedas (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Komposisi dan angle sangat penting. Bukan cuma teori, mastering composition dalam fotografi makanan dan minuman membutuhkan jam terbang yang baik. 

Artinya, Sahabat Fimela jangan pernah berhenti untuk terus mencoba dan belajar dari siapa pun. Bukan cuma dari buku panduan fotografi, tetapi juga dari pehobi lainnya yang lebih berpengalaman. 

Aplikasi Fotografi yang Tepat

makanan
ilustrasi semangka/Photo by rawpixel.com from Pexels

Selain komposisi dan tata cahaya, jangan lupa untuk bermain filter menggunakan aplikasi fotografi. Ada begitu banyak apliasi fotografi yang menunjang hobimu ini. Photoshop bukan satu-satunya aplikasi yang bisa kamu coba. Juga ada Snapseed yang memiliki fitur pengaturan brightnesss, contrast, temperature, dan lain-lain. 

Kamu juga harus belajar untuk memilih dan menggunakan filter yang tepat untuk foto-fotomu. Apa mood yang ingin kamu bangun? Apa warna yang tepat untuk hasil jepretanmu? Semuanya bisa kamu kuasai dengan banyak berlatih, mencoba, explore, dan saling berbagi dengan pehobi yang sudah lebih berpengalaman. 

 

***

Bagi Sahabat Fimela yang ingin lebih mendalami Food Photography, langsung saja mengikuti photography class Mobile Food Photography bersama Komunitas Jangkrik Kuliner di Fimela Fes 2019. Daftarkan dirimu di sini

FIMELA FEST 2019
FIMELA FEST 2019

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓