Tips Mengompres untuk Atasi Nyeri Punggung Bagian Bawah

Endah Wijayanti19 Okt 2019, 12:42 WIB
nyeri punggung bawah

Fimela.com, Jakarta Ketika nyeri punggung bagian bawah tak kunjung reda, kita akan kesulitan untuk beraktivitas seperti biasa. Menggerakkan badan saja rasanya tak nyaman sekali. Untuk mengatasi nyeri punggung bagian bawah, ada sejumlah cara yang bisa dicoba dan salah satunya adalah dengan mengompresnya.

Mengompres bisa jadi salah satu cara yang cukup efektif untuk mengatasi nyeri punggung bagian bawah. Kita bisa menggunakan kompres dingin atau hangat. Berikut tips yang bisa diikuti terkait cara mengompres yang dianjurkan untuk atasi nyeri punggung bagian bawah seperti yang dilansir dari spine-health.com.

Kompres Dingin

Kompres dingin bisa dipilih untuk bantu redakan inflamasi dan rasa sakit. Kita bisa menyiapkan es batu dan selembar kain. Bungkus es batu dengan kain tersebut lalu gunakan untuk mengompres area punggung bagian bawah. Bisa juga menggunakan cold gel pack. Selalu lapisi kulit dengan kain bila kita menggunakan es batu untuk mengompresnya.

 

 

Kompres Hangat

Waspadai Nyeri Punggung yang Tak Kunjung Hilang
Ilustrasi.

Kompres hangat bisa bantu melancarkan aliran darah, meredakan nyeri, dan membuat otot-otot lebih rileks. Kita bisa menggunakan heating pad atau handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat. Mandi berendam dalam air hangat pun bisa jadi alternatif yang cukup efektif.

Satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam mengompres untuk mengatasi nyeri punggung bagian bawah ini batasi waktu mengompres selama 15-20 menit saja. Beri jedi setidaknya dua jam sebelum mengompres lagi untuk melindungi kulit.

Kita juga bisa melakukan sejumlah peregangan atau latihan inti (core exercise) untuk meredakan nyeri punggung bagian bawah. Khususnya bagi yang sehari-hari bekerja dengan duduk dan tak banyak bergerak, maka penting untuk meluangkan waktu khusus untuk berolahraga sebagai pencegahan nyeri punggung ini.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓