Ini Fungsi dan Manfaat Serai dalam Berbagai Masakan

Febi Anindya Kirana19 Okt 2019, 14:17 WIB
serai

Fimela.com, Jakarta Selama ini orang memasak dengan banyak bubu dapur namun jarang ada yang benar-benar tahu apa fungsi dari setiap bumbu atau rempah yang digunakan dalam masakan. Salah satu bumbu masakan yang sering tak diketahui fungsi dan manfaatnya namun sering ada di dalma berbagai masakan adalah serai.

Ternyata ini sekian fungsi dan manfaat serai dalam berbagai masakan.

1. Memberi aroma sedap

Serai memberikan aroma sedap pada masakan, terutama pada berbagai masakan yang membutuhkan banyak bumbu seperti soto, opor, gulai dan kare. Seringkali aroma makanan tak akan sedap jika tidak diberi serai.

2. Memperkaya rasa masakan

Jika ingin memperkaya rasa masakan, maka serai adalah rempah yang harus dimasukkan. Dalam beberapa maskaan yang tidak membutuhkan banyak rempah seperti semur, sup, dan tumisan, serai memberikan rasa yang enak dan nikmat di lidah.

 

3. Menghilangkan bau amis

tips serai
Tips menggunakan serai./Copyright shutterstock.com/g/numlpphoto

Serai lebih sering digunakan untuk berbagai masakan dengan bahan amis, seperti ikan, ayam dan daging sapi. Menambahkan beberapa batang serai akan menghilangkan bau amis atau tak sedap dari ikan dan daging.

4. Menyegarkan minuman

Batang serai yang dimemarkan dan direbus atau dicelupkan ke dalam minuman panas akan memberikan aroma harum yang mampu memberik efek relaksasi dan menghangatkan tubuh. Serai membuat minuman memiliki aroma dan rasa yang kaya.

Itu dia sekian fungsi serai dalam masakan. Batang serai memang lebih sering digunakan dengan cara dimemarkan dan dimasukkan ke dalam masakan sebagai bumbu utuh. Jarang sekali serai dijadikan bumbu halus karena aromanya yang terlalu kuat dan bisa memengaruhi rasa masakan.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓