Sukses

Lifestyle

Rambut Rapuh dan Menipis, Ternyata Tubuh Kekurangan Vitamin B

Fimela.com, Jakarta Normalnya, rambut manusia akan rontok sebanyak 50-100 helai per ahrinya. Iya, sebanyak itu adalah jumlah normal. Beberapa orang mengalami rambut rapuh, rontok dan menipis yang parah. Jika tak diatasi, pasti akan membuat frustasi dan khawatir mengalami kebotakan.

Tak banyak yang menyadari bahwa bisa jadi rambut rapuh dan menitips ini sebenarnya tanda tubuh kekurangan vitamin B, tepatnya asam folat atau vitamin B12. Sebuah penelitian tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Dermatol Ther dan dimuat dalam NCBI menemukan bahwa kekurangan vitamin B12 dan folat mampu menimbulkan kerontokan rambut atau alopesia.

 

Rambut Rontok Tanda Kekurangan Vitamin B12

Kondisi rambut rontok memang erat hubungannya dengan nutrisi yang dibutuhklan tubuh. Ketika tubuh tak mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan, sebagai bentuk pertahanan tubuh, ia akan mengorbankan bagian tubuh yang ia rasa "tidak begitu penting", dan bagian itu adalah rambut.

Rambut yang rontok lebih banyak akan menghemat penggunaan vitamin di dalam tubuh sehingga bisa digunakan untuk organ yang lebih penting perannya. Jadi, jika merasa rambut rontok parah, tandanya kamu kekurangan vitamin B12, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading